Virtual Youtuber
Fenomena Virtual Youtuber ‘Kawaii’ yang Bermula dari Jepang
February 25, 2020
Teknologi Listrik di Jepang

Yuk kita tengok potret kecanggihan inovasi negeri Samurai; Teknologi Listrik di Jepang. Energi listrik merupakan salah satu jenis energi yang paling dibutuhkan manusia dalam kehidupan masyarakat di era modern ini. Tanpa adanya listrik, kita mungkin tidak akan bisa mengoperasikan benda-benda di sekitar kita yang rata-rata menggunakan listrik sebagai bahan dasar energinya. Jepang adalah negara dengan berbagai macam inovasi teknologi-teknologi canggihnya, termasuk pemanfaatan listrik sebagai sumber daya teknologi yang dinilai lebih efisien dan ramah lingkungan. Hal tersebut karena alat-alat berteknologi listrik tidak mengeluarkan gas emisi yang bisa menimbulkan polusi dan efek rumah kaca yang berbahaya bagi tingkat kesehatan udara di planet bumi. Kasus pencemaran udara belakangan ini kian marak terjadi dan semakin mengkhawatirkan kehidupan manusia dan seluruh makhluk hidup di bumi pertiwi ini. Maka, pemanfaatan listrik seperti yang diterapkan negara Jepang merupakan suatu hal yang penting demi menjaga lingkungan yang lebih sehat.

Kecanggihan Teknologi Listrik di Jepang

Tanpa kita sadari, perlahan seluruh peralatan yang kita pakai mulai mengadopsi listrik sebagai energi utamanya. Beberapa contohnya yaitu televisi, radio, kulkas, kipas angin, lift, komputer, motor, bahkan mobil telah menggunakan tenaga listrik. Sehingga, kehidupan manusia modern saat ini sangatlah bergantung dengan energi listrik. Menurut proyeksi EIA, sumber energi tak terbarukan seperti bahan bakar cair, gas alam, dan batu alam menduduki peringkat 3 besar di dunia. Sumber daya tersebut akan habis suatu saat nanti dan dapat memberikan dampak buruk pada lingkungan dalam penggunaan sehari-harinya. Misal, bahan bakar cair yang biasanya dipakai di sepeda motor akan menghasilkan asap gas CO2 yang sangat berpolusi.

Melihat dampak negatif yang ditimbulkan serta jumlahnya yang terbatas karena tidak bisa diperbarui, maka penting bagi manusia untuk bisa mengembangkan teknologi bahan bakar yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui, seperti energi listrik. Jepang sebagai negara yang kaya akan kecanggihan teknologinya pun terus berusaha mengembangkan inovasi teknologinya dengan energi listrik. Beberapa perusahaan teknologi raksasa asal Jepang pun mulai berlomba-lomba menghadirkan produk-produk baru berbasis tenaga listrik yang ramah lingkungan.

Luar Biasa! Jepang Punya PLTS Terapung Terbesar di Dunia!

Teknologi Listrik di Jepang

Sumber: https://global.kyocera.com/

Pembangkit listrik memiliki berbagai jenis, diantaranya seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air, Uap, Nuklir, serta Surya. Di Jepang, terdapat sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) raksasa milik sebuah perusahaan teknologi yang mengapung di lepas pantai Jepang bagian selatan, atau tepatnya di sekitar kawasan Prefektur Kagoshima. PLTS yang mulai dioperasikan 1 November 2019 itu bahkan, disebut-sebut menjadi yang terbesar di dunia. Panel surya yang diketahui bernama Kagoshima Nanatsujima tersebut memiliki daya listrik sebesar 70 megawatt. Panel surya raksasa ini dibuat untuk tujuan keperluan daya listrik di Jepang dalam jangka waktu yang panjang.

PLTS Kagoshima Nanatsujima memiliki dimensi seluas 1,27 juta meter persegi atau serupa dengan luas 27 bangunan stadion bisbol di Jepang. Begitu besarnya, jika dilihat dari udara nampak seperti landasan pesawat terbang raksasa. Panel surya ini menghadap langsung ke arah Teluk laut dan gunung berapi Sakurajima, yang sekaligus menjadikannya sebagai obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, pihak perusahaan pun mengadakan fasilitas tur bagi para pengunjung, pelajar, dan wisatawan dengan panorama pemandangan yang indah disekelilingnya. Disini, kalian bisa mempelajari informasi berupa pengetahuan mengenai pemahaman sumber daya energi terbarukan, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang menjadi salah satu inovasi luar biasa yang dikembangkan Jepang dalam bidang teknologi.

4 Inovasi Terbaru Seputar Teknologi Listrik Buatan Jepang

 

Bus Wisata Bertenaga Listrik

Teknologi Listrik di Jepang

Sumber: https://www.sankei.com/

Jepang terus berinovasi dalam bidang teknologi ramah lingkungan di segala sektor, salah satunya yaitu pemberlakuan kendaraan berbahan bakar bensin yang jumlahnya mulai dibatasi di tempat-tempat wisata Jepang. Baru-baru ini misalnya, destinasi wisata Alphine Route di wilayah Pegunungan Tateyama, Jepang yang mewajibkan transportasi bus bertenaga listrik ramah lingkungan untuk menuju obyek wisata perbukitan dan hutan-hutan rindang tersebut. Bus yang memiliki tarikan mesin yang sangat halus ini melayani rute perjalanan Ogizawa-Kobe dan Murodo-Tateyama di halte-halte pemberhentian khusus. Gunung Tateyama yang penuh tanjakan dan ikonik dengan dinding saljunya yang memutih selama musim dingin di Jepang berlangsung itupun menjadi mudah dilalui bus listrik dengan nol emisi dan ramah lingkungan tersebut.

Listrik Bertenaga Manusia di Stasiun Kereta Api Jepang

Teknologi Listrik di Jepang

Sumber: https://www.power-technology.com/

Jepang dinilai sukses membuat terobosan terdepan dalam hal pengembangan kereta listrik seperti Shinkansen yang sudah mendunia namanya. Namun, hal itu tidak lantas membuat negeri yang kaya akan teknologi-teknologi canggihnya tersebut berpuas diri. Kini, Jepang mulai serius menggarap proyek pembangkit listrik tenaga manusia dalam pemanfaatan transportasi kereta api. Perusahaan kereta api ternama Jepang, The East Japan Railway Company bekerjasama dengan para peneliti di Universitas Keio, Jepang mengadakan riset dalam hal pengembangan stasiun kereta api ramah lingkungan yang diterapkan di Stasiun Shibuya. Teknologi ini memanfaatkan pijakan kaki para penumpang kereta yang berlalu lalang di halaman stasiun sebagai sumber energi listriknya. Nantinya, teknologi ini akan diletakkan pada beberapa keramik di lantai-lantai stasiun yang ramai diinjak oleh para penumpang seperti area pembelian tiket, dan lain sebagainya.

Mobil Listrik Berukuran ‘Mungil’

Teknologi Listrik di Jepang

Sumber: https://www.guideautoweb.com/

Salah satu perusahaan transportasi terkenal asal Jepang, Toyota baru-baru ini meluncurkan produk mobil listrik berukuran mini bernama Ultra Compact BEV (Battery Electric Vehicle) yang rencananya akan diedarkan di pasar Jepang mulai pertengahan 2020 mendatang. Mobil yang hanya bisa diisi oleh 2 orang penumpang dewasa ini pertama kali dipamerkan di event Tokyo Motor Show 2019 pada 23 Oktober sampai 4 November 2019 lalu di Aomi Mega Web, Tokyo, Jepang. Mobil berdesain minimalis itu memiliki dimensi panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, serta tinggi 1.550 mm dengan kecepatan maksimal 60 km/jam. Menurut Toyota, mobil listrik ini diklaim mampu berputar dibawah radius berjarak pendek sekitar 4 meter, dan ditenagai sebuah baterai yang bisa dicas penuh selama 5 jam di tegangan 200 V. Ultra Compact BEV ini diyakini akan sangat membantu dipakai di jalan-jalan padat perkotaan dengan kemacetan panjang untuk bisa berputar arah mencari jalan alternatif yang lebih lancar namun dengan medan yang cukup sempit dilalui mobil pada umumnya.

Motor Listrik Bertenaga Ponsel Pintar

Teknologi Listrik di Jepang

Sumber: https://gigazine.net/

Selain mobil listrik, Jepang juga mengembangkan beberapa produk motor bertenaga listrik. Salah satu produsen sepeda motor listrik kawakan Jepang, Terra Motors berinovasi dengan mengeluarkan produk terbaru mereka berupa motor listrik ramah lingkungan yang terhubung dengan ponsel pintar untuk menggerakkannya. Produk sepeda motor canggih tersebut diberi nama Terra Motors A4000i. Teknologi unik ini berguna untuk mengetahui informasi seputar sepeda motor melalui tampilan layar ponsel ketika dikendarai nantinya, seperti pemakaian energi listrik rata-rata, sisa energi baterai, kecepatan motor, bahkan navigasi atau petunjuk arah. Motor berukuran minimalis ini mampu melaju di kecepatan 65 km/jam dan menggunakan baterai Lithium-Ion yang membutuhkan waktu sekitar 4,5 jam untuk pengisian dayanya dari nol hingga penuh. Motor canggih yang ramah lingkungan ini memiliki banderol harga sebesar US$ 4.500 atau sekitar Rp 44 juta per unitnya. Harga tersebut dirasa sangat wajar karena produsen motor ini memang sengaja menargetkan sasarannya terhadap konsumen kelas menegah keatas.

Itu dia beberapa informasi seputar inovasi teknologi listrik di negara Jepang yang keren dan unik beserta produk-produknya. Sudah sepatutnya, kita memakai barang-barang yang berbahan dasar ramah lingkungan demi terus melestarikan kehidupan di muka bumi ini.

Nah, bagi kalian yang tertarik tinggal atau berkunjung ke Jepang yang kaya akan sumber teknologi listrik ramah lingkungan yang terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari masyarakatnya tersebut, tidak cukup hanya dengan mempersiapkan perbekalan fisik dan informasi umum seputar Jepang saja. Namun, juga diperlukan kemampuan berbahasa Jepang yang fasih. Rutin berlatih adalah salah satu cara untuk dapat terus mengasah kemampuan Bahasa Jepang yang telah kita kuasai dan dipraktekkan langsung dalam obrolan berbahasa Jepang. Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian agar bisa fasih mengucapkan kalimat-kalimat dalam Bahasa Jepang.

Tensai Nihongo Bunka Gakuin akan membuka kelas baru Bahasa Jepang di level reguler B atau N5 akhir pada jadwal hari Minggu pagi pukul 09.00-13.30 WIB di kelas Tensai cabang, yang berlokasi di Jalan Singaperbangsa (belakang kantor imigrasi Karawang). Kelas dimulai tanggal 15 Maret 2020. Sssst… khusus promo selama bulan Maret ini, GRATIS! Gantungan kunci menarik dari Tensai buat kamu. Ayo, tunggu apalagi? Buruan daftar, sebelum kehabisan! Promo terbatas, lho..!!

Jasa Penerjemah Tensai Nihongo Bunka Gakuin

Tensai juga menyediakan layanan jasa penerjemah Bahasa Jepang-Indonesia yang terpercaya dan bersertifikasi. Kami menjunjung tinggi komitmen untuk terus memberi pelayanan terbaik kepada para pelanggan setia Tensai. Tensai Nihongo Bunka Gakuin telah berkiprah melayani masyarakat akan kebutuhan jasa kursus dan pelatihan, serta penerjemah cepat Bahasa Jepang- Bahasa Indonesia selama lebih dari 8 tahun.

Lokasi kantor pusat Tensai sangat mudah dijangkau dan dekat dengan pusat perkotaan Karawang. Kami juga telah bekerjasama dengan lebih dari 80 perusahaan besar di kawasan perindustrian Karawang dan sekitarnya. Bagi Anda yang tertarik dengan jasa layanan yang Kami tawarkan, dapat langsung mendatangi kantor pusat Tensai Nihongo Bunka Gakuin di alamat Ruko Emporium, Jl. Galuh Mas Raya No.5, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat. Atau bisa juga dengan menghubungi layanan kontak pelanggan Kami yang tertera di pojok website, serta dengan mengakses akun-akun sosial media Tensai agar dapat terus mengupdate perkembangan terkait promo-promo terbaru yang Kami tawarkan, dan mendapatkan informasi-informasi menarik seputar Jepang dan budayanya.

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?