Go to Top

Stand Kebudayaan Jepang

Stand Kebudayaan Jepang

Stand Kebudayaan Jepang. Konnichiwa…. Minna san, bagaimana liburan kemarin? Hari minggu memang waktu yang tepat untuk bersantai atau berjalan-jalan bersama keluarga atau kerabat terdekat. Memanfaatkan waktu libur dengan melakukan kegiatan yang kita sukai adalah hal yang paling menyenangkan. Tetapi, bagaimana jika mengisi waktu libur dengan belajar? Wah, pastinya liburan akan menjadi seru dan menarik.

Minggu kemarin tepatnya pada tanggal 22 Maret 2015, Lembaga Kursus Bahasa Jepang Tensai Galuh Mas mengadakan berbagai stand kebudayaan Jepang, seperti tutorial kanji, shuji, onigiri, dan yukata. Disana, para pengunjung dapat mencoba suatu hal baru seperti belajar kanji, menulis kanji menggunakan tinta China, membuat onigiri sendiri dari bahan-bahan yang sudah disediakan, dan belajar memakai yukata.

Kegiatan berawal dari tutorial kanji. Para peserta diajarkan cara menulis huruf, cara baca, hingga menentukan makna dari kanji yang diberikan. Walaupun sulit, mereka terlihat serius mengikutinya.

Kemudian disambung dengan tutorial shuji. Para peserta diberikan secarik kertas putih, fude (kuas), dan tinta China. Mereka bebas menentukan kanji apa yang akan mereka tulis. Ada yang menulis kanji ai (cinta), hito (orang), fuyu (musim dingin), natsu (musim panas), tensai (genius), dan lain-lain.

Memasuki waktu makan siang, tutorial membuat onigiri adalah waktu yang tepat. Para peserta sudah tidak sabar membuat dan memakannya sendiri. Di atas meja ada satu onigiri yang sudah dibuat oleh ahlinya. Tampaknya sangat bagus dan menggoda untuk dimakan J. Setelah memakai sarung tangan, para peserta melakukannya dengan cara masing-masing, ada yang mengambil nasinya sedikit tapi isinya banyak, ada pula yang nasinya banyak tapi isinya sedikit. Tidak perlu menunggu lama, hasil karya yang dibuat langsung dimasukkan ke dalam perut. ^^

Kemudian, acara dilanjutkan dengan tutorial memakai yukata. Acara tersebut dimulai setelah makan siang dan sholat. Ketika mengenakan yukata, mereka diberikan kesempatan untuk berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.

Disamping acara tersebut, diadakan pula test interview untuk magang ke Jepang bersama Mr. Kohno. Para peserta yang ikut merupakan siswa Tensai yang memiliki semangat luar biasa untuk bekerja di Jepang. Sebelumnya, para peserta diberikan pengarahan oleh salah satu pengajar dari Tensai, dimulai dari cara duduk, aisatsu (salam), dan jikoshoukai (perkenalan) dalam bahasa Jepang. Awalnya mereka terlihat agak tegang, namun selama proses berlangsung mereka dapat mengikutinya dengan baik.

Acara berlangsung dari pukul sepuluh pagi hingga pukul empat sore. Para pengunjung mengaku senang dan puas. Mereka pulang dengan berbagai macam pengalaman dan beberapa hasil foto yang siap dicetak atau dishare ke media sosial (hehe) ^^

Penulis : Bonny

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 01

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 02

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 03

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 04

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 05

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 06

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 07

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 08

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 09

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 10

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 11

Stand Kebudayaan Jepang

Foto Event Budaya Jepang 12

Stand Kebudayaan Jepang

, ,