Bagaimana cara membuat boneka si gundul penangkal hujan? Saat menonton film anime atau dorama Jepang, pernahkah Anda melihat sebuah boneka berwarna putih yang digantung dekat jendela? Apa sih nama boneka yang mirip seperti ‘hantu’ tersebut? Adakah alasan kenapa boneka itu sengaja dibuat?

Pasti banyak yang penasaran kan, dengan boneka unik yang satu ini. Tenang saja deh, karena kali ini Tensai Nihongo Bunka Gakuin sebagai pusat kursus bahasa dan budaya Jepang profesional di Karawang akan mengupas informasi mengenai boneka tersebut. Bukan Tensai namanya, jika tak bagi-bagi informasi unik khas negeri Sakura dong? Makanya yang masih penasaran, yuuk kita simak artikel berikut.

Si Gundul Penangkal Hujan

Teru-Teru Bozu adalah nama dari boneka berbentuk kepala plontos yang terkenal dari negeri Sumo ini. Boneka lucu ini dibuat oleh masyarakat Jepang sebagai tradisi kebudayaan untuk penangkal hujan. Apabila mereka ingin esok hari cuaca cerah, mereka menggantungkan boneka ini di dekat jendela pada malam harinya. Boneka ini juga bisa di kreasikan dengan berbagai warna kain dan bentuk muka yang berbeda-beda. Lucu alias kawaii kan?

boneka jepang si gundul penangkal hujan 4

Berdasarkan dari segi etimologisnya, boneka “Teru-Teru Bozu” ini berasal dari kata “Teru” yang berarti bersinar atau bercahaya dan menggambarkan sebagai sinar matahari. Sedangkan kata “Bozu” berarti biksu.  Mengapa harus ada kata bozu alias biksu? Ternyata, boneka ini memiliki filosofi sejarahnya juga lho!

Sejarah boneka Teru-Teru Bozu ini diduga berasal dari sebuah kisah mengenai seorang biksu yang menjanjikan akan mendatangkan sinar matahari kepada petani, karena banyaknya tanaman yang rusak akibat hujan berkepanjangan yang melanda suatu daerah di Jepang kala itu. Namun karena biksu tersebut tidak bisa mendatangkan sinar matahari dan menghentikan hujan, akhirnya biksu itupun di hukum mati. Mungkin ada beberapa versi cerita sejarah lainnya yang berkembang di masyarakat Jepang, tapi versi dari cerita inilah yang justru paling populer di sana.

Nama “Bozu” untuk boneka ini tentunya tidak bisa diartikan sepenuhnya sebagai seorang biksu. Namun lebih ditujukan untuk bentuk kepala boneka yang bundar dan dalam bahasa pergaulan saat ini kata Bozu sendiri justru diartikan sebagai kepala yang botak, terutama digunakan sebagai sebutan untuk bocah lelaki.

boneka jepang si gundul penangkal hujan 3

Dengan menggambarkan kepala boneka yang botak itulah masyarakat Jepang beranggapan bahwa dengan begitu cahaya matahari akan memantul, dan mengakibatkan cuaca akan menjadi cerah nantinya. Justru apabila boneka Teru-Teru Bozu ini di gantung dengan cara terbalik, maka diartikan kita ingin meminta hujan.

Sebenarnya proses pembuatan boneka ini cukup mudah. Bahkan yang berkembang saat ini boneka teru-teru bozu bukan hanya dianggap sekedar jimat yang begitu sakral, tetapi kini banyak yang membuat ataupun menjualnya untuk dijadikan souvenir dan mengasah kreativitas seseorang yang suka terhadap kebudayaan Jepang. Kain yang digunakan pun tidak hanya berwarna putih saja, karena kini lebih variatif  dan bermotif.

Nah seperti yang tampak dari foto di bawah ini nih Minasan! Mereka merupakan siswa dan siswi  dari SMAN 1 Rawamerta Karawang yang tergabung dalam Japanese Club Rawamerta (JCR). Terlihat mereka sangat antusias saat membuat boneka Teru-Teru Bozu ini ya! Meskipun dengan bahan dan peralatan seadanya, namun keceriaan begitu tampak terpancar karena mereka bisa berkarya dari hasil tangan mereka sendiri dong!  すごい !!

boneka jepang si gundul penangkal hujan 2

boneka jepang si gundul penangkal hujan 1

Ternyata boneka teru-teru bozu yang berkepala botak ini punya banyak keunikan tersendiri ya! Seperti halnya punya cerita tersendiri bagi anggota JCR ini pastinya, saat mereka membuat boneka tersebut penuh cinta.

Makanya biar makin tau banyak tentang Jepang beserta budaya uniknya, sering buka website resmi Tensai ya! Di jamin makin nambah informasi yang positif!

Segera gabung ikut kursus bahasa Jepang di Tensai juga dong! Biar makin PeDe jago bahasa Jepang! Belajar bahasa Jepang di Tensai dari nol, pasti pas deh.

 

sumber : Tensai Ice Breaking

foto : dok. pribadi Nanang Sensei

 

https://tensai-indonesia.com/wp-content/uploads/2016/05/boneka-jepang-si-gundul-penangkal-hujan-4.jpghttps://tensai-indonesia.com/wp-content/uploads/2016/05/boneka-jepang-si-gundul-penangkal-hujan-4.jpgTensai NihongoArtikel Tensaiboneka penangkal hujan,Cara membuat boneka Si Gundul Penangkal Hujan,kursus bahasa dan budaya jepang profesional,kursus bahasa Jepang,Tensai Nihongo Bunka Gakuin,teru-teru bozuBagaimana cara membuat boneka si gundul penangkal hujan? Saat menonton film anime atau dorama Jepang, pernahkah Anda melihat sebuah boneka berwarna putih yang digantung dekat jendela? Apa sih nama boneka yang mirip seperti 'hantu' tersebut? Adakah alasan kenapa boneka itu sengaja dibuat? Pasti banyak yang penasaran kan, dengan boneka unik...Kursus Bahasa Jepang dan Penerjemah Bahasa Jepang | Kursus Bahasa Indonesia untuk Expatriat