Go to Top

Shirakawa-go Pesona Alam Tradisional Jepang

Back to nature! Saatnya kembali ke nuansa alam yang sesungguhnya. Saatnya menghilangkan kepenatan dan kejenuhan dengan sensasi pesona alam tradisional Jepang.

Nah, kali ini Tensai akan membahas sebuah desa di Jepang yang saat ini menjadi destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi, tepatnya di Prefektur Gifu. Pastinya tempat wisata ini akan membuat Anda ‘terhipnotis’ dengan budaya tradisional dan kondisi alam Jepang  yang sungguh luar biasa menakjubkan!

Shirakawa-go Pesona Alam Tradisional Jepang

Karena terletak di pegunungan Hida, perjalanan menuju destinasi wisata alam Shirakawa-go pun melewati cukup banyak terowongan. Bahkan salah satu terowongan yang dilalui, merupakan terowongan terpanjang di seluruh Jepang dengan panjangnya mencapai 11 km dan ditempuh selama 10 menit.

pesona alam tradisional Jepang

Dari ketinggian tepatnya di observatorium Shiroyama, tampak rumah-rumah sederhana dari kayu dengan dilatarbelakangi pegunungan berpuncak salju di kejauhan. Situs warisan budaya desa Shirakawa ini terdiri dari 110 rumah dengan atap rumbia bergaya “gassho-zukuri” yang artinya tangan berdoa. Hal tersebut dikarenakan dengan bentuk atapnya yang miring sehingga tampak seperti kedua telapak tangan yang sedang berdoa. Desa pertanian yang berdiri di atas pegunungan yang tenang ini, merupakan situs warisan budaya dunia yang diakui UNESCO sejak tahun 1995.

Pada musim dingin, salju akan turun sangat tebal di daerah Shirakawa-go ini hingga menciptakan pemandangan seperti beberapa potong ‘kue rumah jahe’  dihiasi krim putih di musim natal.  Justru dengan bentuk atapnya yang miring dan permukaannya yang luas, rumah gassho ini dapat menopang salju yang berat dan sangat bagus menangkap sinar matahari. Bahkan dengan pondasi yang terbuat dari beberapa gelondongan kayu yang diikat bersama-sama pada tanaman merambat di sekitarnya, membuat rumah ini kuat saat menahan dari getaran badai atau gempa bumi sehingga tidak akan membuat pilar dan pondasi rumahnya roboh.

pesona alam tradisional Jepang

Sedangkan pada musim semi, Anda akan menemukan penduduk asli desa ini sedang sibuk bercocok tanam pada sawah dan ladang-ladang di sekitar rumah mereka. Pasti menyenangkan sekali ya bisa ikut bertani dan menanam padi di sawah. Back to nature!

Sebagian besar rumah tradisional yang boleh dibuka untuk umum ini terdiri 3 hingga 4 tingkat bahkan masih ditinggali oleh penghuni aslinya. Di desa Shirakawa ini terdapat salah satu rumah terbesar dan tertua yang disebut dengan Rumah Wada. Di dalam rumah tradisional bergaya gassho-zukuri tersebut, pengunjung  dapat menikmati  ‘pediangan’ alias perapian tradisional ala Jepang yang disebut dengan irori lengkap dengan perabotan rumah tangga tradisional lainnya. Untuk memasuki area Rumah Wada yang dibuka mulai dari jam 09.00 – 17.00 ini, pengunjung dikenakan tarif 300 Yen untuk dewasa dan 150 Yen untuk anak-anak. Tetapi pengunjung diperbolehkan  juga menginap di salah satu rumah gassho yang ada di sana lho!

pesona alam tradisional Jepang

Temukan semangat Jepang di Prefektur Gifu, pusatnya pesona alam tradisional Jepang!

Temukan juga semangat belajar di Tensai Nihongo Bunka Gakuin Karawang, pusatnya bahasa dan budaya Jepang Profesional !

Intip terus ya artikel menarik pesona alam tradisional Jepang dari Tensai melalui website resmi Kami di sini. Kunjungi juga via Facebook: Tensai Nihongo.

Yang masih penasaran dengan tempat kursus bahasa Jepang Tensai Nihongo Bunka Gakuin, silakan datang langsung ke Kampu Utama Tensai di Ruko Emporium Blok VII C-5 Galuh Mas Karawang (WA/Line: 0896-1157-4857 / 0815-9888-287)

, ,