Kaiseki Ryori, Seni Menyajikan Makanan Tradisional Khas Jepang
March 16, 2020
Ragam Santapan Bento Khas Jepang

Mencicipi Ragam Santapan ‘Bento’ Khas Jepang. Kalian pasti sudah sangat mengenal dan tidak asing lagi dengan salah satu sajian makanan Jepang paling populer bernama Bento, yang merupakan bekal makan siang khas Negeri Sakura yang berisi nasi dan lauk pauk, lengkap dengan penataannya yang rapih dan hiasan-hiasan menariknya. Kreasi makanan unik ini biasanya identik disajikan oleh para orang tua sebagai bekal makan siang bagi anak-anak sekolah di Jepang.

Jenis-jenis masakan Bento di Jepang

Hidangan bento umumnya disajikan semenarik mungkin dengan desain karakter-karakter lucu yang disukai oleh anak-anak. Namun, bento tidak hanya mencangkup makanan bekal buatan sendiri, tapi juga dijual bebas di beberapa toko serba ada di Jepang dengan menu makanan yang lebih beragam. Pada dasarnya, dalam satu kotak bento biasanya berisi jenis-jenis makanan yang sehat dan kaya akan kandungan nutrisi seperti nasi, sayur, buah-buahan, daging, dan ikan.

Di Jepang, sajian bento telah menjadi tradisi yang berupa menu makan siang yang dikemas dalam wadah kotak kayu, dan dibuat untuk tujuan agar lebih praktis dan menghemat pengeluaran saat bepergian keluar rumah. Kini, kreasi hidangan bento sudah terkenal hingga keseluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Namun, tahukah kalian? sebelum dikenal sebagai bekal anak-anak, bento pada zaman Edo atau tepatnya pada abad ke-16 identik dengan pertunjukan Kabuki dan Noh (drama klasik Jepang) yang ditonton oleh kalangan orang dewasa. Pada saat itu, bekal makanan yang bernama makunounchi bento ini disajikan saat jeda pergantian layar panggung pertunjukkan.

Sejarah dan Makna Bento Bagi Masyarakat Jepang

Ragam Santapan Bento Khas Jepang

Sumber: https://www.bbc.com/

Sajian dalam sekotak bento yang memiliki desain unik dan menarik telah melalui sejarah yang panjang di negara asalnya, Jepang. Konsep kotak bento telah ada sejak berabad-abad lamanya. Santapan makan siang bergaya bento yang tercatat pertama kali di Jepang adalah pada masa periode Kamakura, tahun 1185-1333. Pada saat itu, proses dari mulai memasak nasi, menyimpannya ke dalam kotak pernis tradisional, hingga kemudian memakannya telah populer dikalangan masyarakat Jepang. Bento juga telah sejak lama dijadikan sebagai santapan yang paling praktis dan nyaman dikala hendak bepergian atau bekerja. Hal tersebut karena secara harfiah, bento dapat diartikan dengan kata ‘nyaman’.

Lalu, sejak tahun 1568 sampai 1600-an, orang Jepang mulai terbiasa dengan gaya hidup memakan santapan diluar rumah. Makanan itu dibawa dan ditaruh didalam kotak kayu yang dipernis. Kemudian, kebiasaan makan praktis ini terus dilakukan orang Jepang saat perayaan tertentu seperti upacara minum teh saat perayaan hanami. Selanjutnya, pada zaman Edo di tahun 1600 sampai 1800-an, budaya makan praktis atau bento semakin berkembang dan muncul istilah Koshikobento, yaitu bento yang diletakkan dipinggang. Bento tersebut biasanya berisi onigiri.

Pada saat itu juga, dikenal jenis bento bernama Makunouchi Bento, yaitu bento yang dibawa sebagai bekal makanan saat menonton pertunjukkan noh dan kabuki Jepang yang nantinya dimakan pada waktu ‘maku’ atau pergantian layar panggung. Perlahan, kebiasaan membawa makanan praktis inipun menyebar hingga ke kalangan pelajar yang mulai terbiasa membawa bento buatan orang tuanya, saat pergi ke sekolah. Namun, pada tahun 1912-1926, tepatnya saat bergejolaknya perang dunia pertama, kebiasaan membawa bento ditiadakan dan sempat menimbulkan gerakan sosial khusus yang melarang para siswa membawa bento ke sekolah. Hal ini pun sempat dijadikan ajang pamer antara kalangan orang kaya dan miskin di Jepang.

Baru kemudian, di tahun 1980-an, bento kembali populer dan mulai rutin dijadikan perbekalan makan siang anak-anak sekolah di Jepang. Isi didalam kotak bento pun mulai bervariasi dan beragam, tidak hanya terbatas onigiri saja. Lauk pauk bento mulai dikreasikan menggunakan hias-hiasan seperti sosis dan nori. Sejak itu pula, mulai banyak toko-toko yang menjual produk makanan sajian bento.

Ragam Santapan Bento Khas Jepang

Sumber: https://web-japan.org/

Alasan mengapa bento seringkali digambarkan sebagai kotak makan siang adalah karena kotak bento biasanya dikemas dan disajikan dengan baik agar mudah dimakan diatas pangkuan saat dalam perjalanan atau suatu tempat diluar rumah seperti sekolah atau tempat bekerja. Selain itu, biasanya jenis-jenis makanan dalam kotak bento sangat mudah digigit dan tidak perlu dihangatkan terlebih dahulu, serta dikemas rapih dengan kotak makanan yang cukup rapat. Sehingga, praktis untuk dibawa kemana saja tanpa khawatir makanan tumpah atau berantakan.

Dalam hal pembuatannya, kotak bento membutuhkan waktu dan keterampilan lebih untuk membuat dan menyusunnya dengan benar, kecuali bagi mereka yang telah terbiasa. Kotak bento tradisional Jepang biasanya memiliki varian makanan yang khas seperti nasi, telur, ikan atau daging, sayuran, makanan asinan, dan buah-buahan. Namun, kotak bento modern lebih memiliki menu yang bervariasi dengan memasukkan menu-menu ala Barat seperti sandwich, manis-manisan, kentang goreng, salad, dan yogurt.

7 Jenis Bento Khas Jepang yang Paling Populer!

1. Ekiben

Ragam Santapan Bento Khas Jepang

Sumber: https://www.tsunagujapan.com/

Salah satu transportasi umum di Jepang yang paling sering digunakan adalah kereta api atau shinkansen. Disini, kita dapat dengan mudah menemui berbagai macam bento berjenis ekiben. Seperti namanya, eki (駅) yang berarti stasiun, ekiben adalah bekal makanan khusus yang disajikan hanya disekitar area stasiun. Umumnya, ekiben dibeli orang Jepang saat menaiki kereta api dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan biasanya berisi nasi beserta lauk pauk khas Jepang. Selain itu, ekiben juga biasa dihias dengan kotak makan yang memiliki bentuk unik seperti miniatur kereta shinkansen.

2. Kyaraben

Ragam Santapan Bento Khas Jepang

Sumber: https://www.biome.com.au/

Kyaraben adalah jenis bento yang paling populer dan terkenal di Jepang. Kyaraben atau disebut juga Character Bento memang biasanya dibuat serupa dengan karakter-karakter lucu yang menarik minat anak-anak. Berbagai bahan makanan seperti nasi, telur, dan keju dikreasikan sedemikian rupa hingga membentuk karakter, mulai dari hewan-hewan lucu hingga tokoh anime atau kartun buatan Jepang. Dengan begitu, anak-anak pun menjadi semakin lahap menyantap makanan yang dihias cantik dan imut dalam kotak kyaraben.

3. Makunouchi Bento

Ragam Santapan Bento Khas Jepang

Sumber: https://tdjapan.com/

Jenis bento yang satu ini merupakan salah satu bento yang pertama kali populer di Jepang. Seperti yang sebelumnya dijelaskan dalam sejarah bento, Makunouchi Bento telah ada sejak zaman Edo pada abad ke-16, yang biasa dihidangkan sambil menonton pementasan kabuki dan noh atau drama klasik Jepang. Kini, makunouchi bento masih dapat dijumpai pada beberapa restoran tradisional Jepang dan biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal untuk satu kotak bentonya.

4. Koraku Bento

Ragam Santapan Bento Khas Jepang

Sumber: https://id.pinterest.com/

Koraku Bento merupakan bekal makan yang biasanya dibawa saat pergi piknik bersama keluarga dan orang terdekat. Dalam bahasa Jepang, koraku dapat diartikan sebagai piknik atau tamasya. Yang cukup mencolok dari bento jenis ini adalah kotaknya yang cukup besar dengan berbagai jenis makanan didalamnya. Koraku bento lebih cocok untuk disantap beramai-ramai bersama keluarga seperti pada saat perayaan hanami. Lauk pauk didalam sekotak sajian koraku bento biasanya berisi makanan-makanan khas Jepang seperti onigiri, tempura, dan sushi roll dengan porsi yang cukup besar.

5. Kamameshi Bento

Ragam Santapan Bento Khas Jepang

Sumber: https://www.moshimoshi-nippon.jp/

Kamameshi bento merupakan jenis bento yang pertama kali populer pada awal tahun 1900-an dan disajikan dalam mangkuk porselen atau keramik dengan desain klasik khas Jepang. Bento jenis ini biasanya diisi dengan nasi bersama lauk pauk seperti daging, aneka seafood, dan sayur-sayuran. Kamameshi bento sangat lezat dinikmati saat masih dalam keadaan hangat. Selain mudah ditemui di restoran Jepang, kamameshi bento juga biasa dihidangkan sebagai bekal kala di perjalanan jauh.

6. Hinomaru Bento

Ragam Santapan Bento Khas Jepang

Sumber: http://www.kitchenalia.jp/

Seperti namanya, Hinomaru yang juga diartikan sebagai matahari berbentuk bulat, merupakan bekal makanan sederhana dengan hiasan bulatan merah dari umeboshi yang terletak ditengah nasi. Pada masa Perang Dunia II, hinomaru bento disajikan bagi para tentara Jepang yang melambangkan jiwa patriotisme. Umeboshi atau asinan buah ume khas Jepang dimakan nikmat sebagai lauk dipadukan dengan nasi hangat. Kini, umeboshi pada hinomaru bento disajikan dengan lebih beraneka ragam lauk pauk khas Jepang dan biasa dibuat sebagai bekal makan siang saat sekolah maupun bekerja.

7. Shoukadou Bento

Sumber: https://fooddiversity.today/

Yang terakhir, ada Shokadou Bento yang merupakan bekal atau hidangan makan siang dalam wadah kotak kayu yang diberi sekat didalamnya. Ukuran shokadou bento juga terbilang lebih besar dibandingkan jenis bento lainnya. Dengan diberikan sekat-sekat didalam kotaknya, membuat nasi dan lauk pauk dalam shoukadou bento tetap terjaga rapih dan tersusun apik, membuatnya tidak akan saling bercampur. Lauk pauk dalam shoukadou bento pun terbilang cukup lengkap dengan tambahan seperti chicken katsu atau gorengan lainnya, hingga sup khas Jepang.

Nah, bagi kalian yang tertarik tinggal atau berkunjung ke Jepang dan ingin mencoba merasakan langsung nikmatnya ragam santapan bento khas Negeri Sakura tersebut, tidak cukup hanya dengan mempersiapkan perbekalan fisik dan informasi umum seputar Jepang saja. Namun, juga diperlukan kemampuan berbahasa Jepang yang fasih. Rutin berlatih adalah salah satu cara untuk dapat terus mengasah kemampuan Bahasa Jepang yang telah kita kuasai dan dipraktekkan langsung dalam obrolan berbahasa Jepang. Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian agar bisa fasih mengucapkan kalimat-kalimat dalam Bahasa Jepang.

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?