Go to Top

Pesona Jepang Gunung Fuji dan Gunung Hakodate

Jepang adalah negara indah yang terkenal dengan bunga sakuranya yang cantik. Berbeda dengan Indonesia, Jepang memiliki empat musim yaitu musim semi yang disebut dengan Haru pada bulan Maret-Mei, musim panas (Natsu) pada bulan Juni-Agustus, musim gugur (Aki) pada bulan September-November, dan musim dingin (Fuyu) pada bulan Desember-Februari. Masing-masing musim di Jepang biasanya dinikmati oleh masyarakat Jepang dengan mengadakan berbagai macam perayaan seperti Hanami yaitu festival melihat bunga Sakura yang diadakan pada musim semi. Inilah pesona Jepang gunung Fuji dan gunung Hakodate.

Kemudian, acara Matsuri yang diadakan pada musim panas. Di Indonesia acara ini juga menjadi kebudayaan yang sering diadakan di berbagai tempat seperti sekolah, kampus, dan lain-lain. Biasanya, lembaga-lembaga pendidikan bahasa Jepang. Kemudian, festival momiji yang diadakan pada musim gugur. Momiji adalah nama pohon yang hanya tumbuh pada saat musim gugur (Aki). Warnanya yang cantik dan berubah-ubah memiliki ketertarikan sendiri bagi orang yang melihatnya. Warna pertama yang muncul adalah warna daun yaitu hijau, kemudian berubah menjadi coklat, lalu merah, dan kuning, ketika warna kuning inilah merupakan warna terakhir dari pertumbuhan Momiji, kemudian jatuh berguguran. Bagi masyarakat Jepang atau masyarakat lain yang melihatnya, lebih senang menikmati pohon Momiji ketika berwarna merah, karena sangat jarang melihat daun tumbuh dengan warna tersebut.

Pesona Jepang Gunung Fuji dan Gunung Hakodate

Sedangkan, pada musim dingin (Fuyu), masyarakat menikmatinya dengan festival Sapporo, seperti membuat rumah, istana, boneka, atau bentuk-bentuk lainnya yang terbuat dari balok es. Ketika memasuki malam hari, balok es yang di bentuk diberikan lampu dengan warna-warna indah.

Selain musim, Jepang juga memiliki tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi, seperti Gunung Fuji dan Gunung Hakodate. Gunung Fuji adalah gunung tertinggi kedua di Jepang, terletak di dekat pesisir pasifik di pusat Pulau Honshu, perbatasan prefektur Shizuoka dan Yamanashi, sebelah Barat Tokyo.

Tinggi gunung ini mencapai 3776 m. Gunung ini dikelilingi oleh lima danau yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji. Biasanya, masyarakat Jepang mendaki gunung ini pada musim panas (Natsu) karena sebagian besar percaya ketika mereka berhasil mendaki hingga puncak tertinggi akan mendapatkan sinar matahari secara langsung, dan sinar matahari tersebut dipercaya membawa keberuntungan untuk mereka. Walaupun di musim panas, es yang berada di puncak gunung Fuji juga tidak berkurang.

Selain Gunung Fuji, di Jepang juga terdapat Gunung Hakodate atau Hakodatesan, seperti gunung Fuji yang juga dikenal dengan istilah Fujisan atau Fujiyama. Tinggi gunung ini mencapai 344 m. Bagi mereka yang pernah melihatnya, bentuk gunung ini menyerupai punggung sapi yang sedang tidur, sehingga dijuluki dengan istilah Gagyuuzan (gunung sapi tidur). Pada malam hari, tempat ini menjadi salah satu tempat favorite yang wajib dikunjungi karena keindahannya, seperti lampu-lampu kota yang terang menyerupai cahaya bintang di langit malam. Beberapa masyarakat sepakat untuk waktu yang sesuai ketika mengunjungi tempat ini adalah pada saat memasuki musim panas (Natsu) dan musim dingin (Fuyu).

Ketika musim panas, pengunjung dapat melihat Hanabi (kembang api) dari atas gunung. Sedangkan pada musim dingin, pengunjung dapat melihat bentuk pohon natal besar atau pemandangan kota yang diselimuti oleh putihnya salju. Hal itulah yang menjadi ketertarikan tersendiri bagi pengunjung dengan pemandangan malam yang indah karena kelap-kelip cahaya kota atau kembang api yang sedang dinyalakan, atau juga butiran salju yang lembut menyelimuti sibuknya kota. Tempat ini juga menjadi tempat andalan bagi para pria untuk mengajak pasangannya makan malam atau sekedar membuat hati pasangannya senang.

Itulah tempat wisata yang dapat dijadikan referensi bagi siapa saja yang sedang mencari tempat wisata di Jepang. Tidak hanya Gunung Fuji atau Gunung Hakodate saja, tetapi masih banyak tempat-tempat wisata lain yang wajib dikunjungi bagi turis lokal maupun internasional.

, ,