Perusahaan Jepang Hitachi
Perusahaan Jepang Hitachi: Info Umum, Sejarah dan Fakta Perkembangan Bisnisnya
March 19, 2021

Perusahaan Jepang Honda adalah perusahaan engineering besar. Terkenal karena membuat mobil dan sepeda motor. Meski bermula di Jepang, Honda kini memiliki banyak pabrik di negara lain seperti Amerika Serikat, Kanada, Brasil, Thailand, dan Cina. Honda menjual lini mobil mewah di Amerika Serikat dengan nama Acura.

Generasi demi generasi Honda telah membuat gebrakan di industri manufaktur mobil. Di sektor yang terutama didominasi oleh Jerman dan Prancis serta Amerika, Honda dengan asal Jepangnya tidak gagal membuat kami kagum dengan beberapa pendekatannya yang bagus dan canggih dalam pembuatan mobil. Mari kita lihat beberapa fakta Honda yang mencengangkan dan berapa banyak yang Anda ketahui:

12 Fakta Honda yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Berikut adalah daftar fakta menarik tentang Honda Motor Company yang akan membuat Anda terkejut. Lihat mereka untuk mengetahui lebih banyak hal tentang pabrikan mobil besar di dunia.

Fakta 1: Seorang pendiri tanpa pendidikan formal

Fakta pertama dalam daftar 12 fakta Honda yang mungkin tidak Anda ketahui adalah Honda didirikan oleh Soichiro Honda pada tahun 1946 – dia adalah seorang pria tanpa pendidikan formal.

Soichiro Honda lahir pada 17 November 1906 di sebuah desa kecil bernama Tenryū, Shizuoka (di bawah Gunung Fuji dekat Hamamatsu). Ayahnya – Gihei adalah seorang pandai besi karena memiliki bengkel reparasi sepeda. Mika – ibunya adalah penenun pada saat itu. Ketika Soichiro Honda masih kecil, dia menghabiskan sebagian besar waktunya membantu ayahnya dengan bisnis keluarganya.

Soichiro Honda adalah seorang anak laki-laki yang tidak tertarik dengan pendidikan standar. Ada cerita bahwa: sekolah Honda memberikan laporan nilai kepada setiap siswa, untuk memastikan bahwa keluarga mereka telah melihat laporan tersebut, sekolah mewajibkan semua laporan diberikan kembali dengan stempel keluarga. Anak laki-laki kami membuat tiruan dari cap keluarganya dari penutup pedal sepeda karet bekas untuk cap laporannya. Keresahan segera terdeteksi saat Soichiro mencoba membuat lebih banyak prangko palsu untuk teman-teman sekelasnya.

Tapi Soichiro memiliki hasrat yang besar pada mobil bahkan ketika dia masih kecil. Pendiri motor Honda sering berkata bahwa dia tidak akan pernah bisa mencium bau oli mobil pertama kali muncul di desa kecilnya. Di usia 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Soichiro Honda memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya dan langsung pergi ke Tokyo untuk mencari pekerjaan.

Di Tokyo, setelah dia mendapatkan magang dari bengkel mobil, dia menghabiskan 6 tahun bekerja sebagai mekanik mobil di sini sebelum pulang ke rumah untuk memulai bisnisnya sendiri pada tahun 1928, ketika dia berusia 22 tahun.

Fakta 2. Sejarah Honda Motor Corporation

Pada tahun 1937, Soichiro Honda mendirikan Tokai Seiki untuk memproduksi cincin piston untuk Toyota. Sayangnya, pabrik Yamashita Tokai Seiki hancur pada tahun 1944 karena serangan pembom B-29 AS. Selain itu, pabrik Iwata Tokai Seiki runtuh pada tahun 1945 karena gempa Mikawa. Setelah perang dunia kedua, Honda memutuskan untuk menjual sisa-sisa perusahaannya kepada Toyota dengan harga JPY 450.000 dan menghabiskan hasilnya untuk mendirikan Honda Technical Research Institute pada tahun 1946. Honda Technical Research Institute berfokus pada perbaikan, produksi dan pengembangan sepeda motor dan sepeda motor. Pada tahun 1948 (2 tahun kemudian), perusahaan mulai memproduksi unit listriknya sendiri. Kemudian nama perusahaan diubah menjadi Honda Motor Company.

Fakta 3: Sepeda motor pertama yang diproduksi oleh Honda

Pada tahun 1949, Honda merilis sepeda motor pertama yang merupakan sepeda motor sejati dengan rangka baja tekan yang dirancang total dan diproduksi oleh Honda yang disebut Dream Type D.Memiliki mesin 2-tak, 98 cc (6,0 cu in) 3 hp (2,2 kW). ) mesin, tipe D ditandai sebagai model pertama dalam seri sepeda motor Dream.

Fakta 4: Skuter pertama Honda

Juno K adalah nama skuter Honda pertama. Itu diproduksi pada tahun 1954 dan merupakan model Honda pertama yang diekspor ke AS.

Fakta 5: Honda datang ke Amerika pada tahun 1959

Pada tahun 1959, America Honda Motor – sebuah Honda Motor Company cabang Amerika dibuka di Amerika. Honda Motor Company menjadi pemimpin dunia dalam industri sepeda motor dan kemudian Honda membuka banyak kantor di banyak negara di dunia. Dari tahun 1961 dan 1969, agensi Honda dibuka di Inggris, Kanada, Jerman, Belgia, dan Australia.

Fakta 6: Produsen mobil terbesar kedua di Jepang

Honda Motor Company adalah produsen mobil terbesar kedua di Jepang. Dan terbesar kedelapan di seluruh dunia.

Fakta 7: Perusahaan Motor pertama yang menggunakan mesin berteknologi V.

Hal lain dari fakta Honda yang mungkin belum Anda ketahui adalah mesin berteknologi V menjadi salah satu tonggak penting dalam produksi teknologi mobil hingga saat ini. Honda – Jangan salah – adalah perusahaan pertama yang menggunakannya dalam memproduksi kendaraan, kemudian semua pabrikan mobil lainnya mengikuti tren ini.

Fakta 8: Fakta menarik tentang Honda Civic

Honda Civic, bahkan setelah empat dekade sejak diluncurkan, masih menjadi kendaraan yang didambakan di industri otomotif dan juga di kalangan pembeli. Sangat sedikit dari kita yang tahu bahwa pada tahun 1973 ketika Honda memperkenalkan Civic, efisiensi bahan bakarnya mencapai 40 mil per galon. Bahkan saat itu masih jauh di depan para pesaingnya dalam hal efisiensi bahan bakar. Mobil ini akhirnya menjadi salah satu mobil paling hemat bahan bakar di dunia.

Fakta 9: Mark Zuckerberg memiliki mobil Honda

Fakta tentang Honda baru menunjukkan bahwa 1986 adalah tahun ketika Honda memutuskan untuk memulai merek mewah pertama yang didedikasikan oleh pabrikan mobil Jepang dan menamakannya Acura. Meskipun tidak bisa sesukses BMW atau Audi, namun kemudian menjadi sangat sukses di AS. Beberapa tokoh terkenal yang memiliki Acura adalah pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.

Fakta 10: Asimo

high angle photo of robot
Photo by Alex Knight on Pexels.com

Selain mobil, Honda mengembangkan ASIMO, sebuah android yang dirancang terutama untuk membantu orang yang memiliki mobilitas terbatas karena hambatan fisik. Ini menandai terobosan di bidang mobilitas robotik dan mendorong anak-anak muda untuk belajar matematika dan sains.

Fakta 11: Kemunduran pertama Honda di AS

Pada masa-masa awal Honda, Honda mengalami kemunduran besar di Michigan, AS karena masalah karat yang ditunjukkan sebagai akibat penggunaan garam jalan raya di jalan raya. Honda memilih untuk menghentikan mobil-mobil itu dari jalanan dan membayar pembeli hanya untuk akhirnya menghancurkan kendaraan yang rusak. Beberapa waktu kemudian ditemukan solusi untuk masalah karat tersebut.

Fakta 12: Merek paling tepercaya di antara mobil

Tidak peduli apa pun, Honda adalah merek paling tepercaya di antara mobil. Pelanggan memilih mobil ini hanya karena mereka mempercayai mereknya.

Semoga 12 fakta Honda yang disebutkan di atas dapat memberi Anda informasi lebih lanjut tentang Honda – salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Ikuti kami untuk membaca lebih banyak berita mobil setiap hari.

Sumber: https://carfromjapan.com

Leave a Reply