Go to Top

Pergantian Kaisar Jepang: April 2019, dari Akihito ke Naruhito

Pergantian Kaisar Jepang

Berikut ini adalah informasi seputar rencana pergantian kaisar di jepang pada bulan April 2019 mendatang.  Dengan pergantian tampuk kekuasaan di kekaisaran ini, tentu Jepang akan segera menyambut era baru.

Jika Anda ingin mengetahui berita terbaru mengenai Jepang maka bisa menggunakan jasa tensai Karawang jasa penerjemah Jepang, salah satu berita terbaru dari negara Jepang adalah pergantian kekaisaran yang akan dilakukan pada bulan April 2019 nanti. Jepang sendiri merupakan negara yang masih dipimpin oleh Kaisar, tentunya Kaisar ini nantinya akan berganti. Tentunya penerus jabatan ini akan dilakukan oleh anak Kaisar terdahulu, pastinya pergantian kekaisaran maka akan muncul era baru karena Jepang akan dipimpin oleh pemimpin baru yang pastinya berbeda dari pemimpin sebelumnya. Apalagi Kaisar merupakan pemimpin negara Jepang sehingga pelantikan Kaisar pastikan akan menyedot perhatian masyarakat Jepang bahkan masyarakat dunia.

Pergantian Kaisar Jepang dari Akihito ke Naruhito

Pergantian Kaisar akan Dihadiri 159 Kepala Negara

Pada tanggal 30 April mendatang, nantinya merupakan hari terakhir Kaisar Akihito menjabat sebagai Kaisar. Tentunya posisi Kaisar akan diisi oleh Putra Mahkota Naruhito yang merupakan putra tertua Kaisar. Nantinya pada saat proses pergantian tersebut akan dihadiri oleh 159 kepala negara, serta diperkirakan akan ada 22 juta orang yang menyaksikan proses pergantian Kaisar tersebut. Setelah pergantian tersebut nantinya pada bulan Oktober, Kaisar baru akan mengadakan parade. Tentunya diperkirakan akan ada 200.000 orang yang akan melihat langsung parade Kaisar tersebut, nantinya Kaisar akan menggunakan kereta khusus bersama dengan Permaisurinya. Setelah itu dalam bulan yang sama Kaisar akan melakukan jamuan makan malam bersama dengan Perdana Menteri Jepang dan duta besar dari negara asing. Baru pada bulan November nantinya akan dilakukan upacara ritual Shinto untuk Kaisar.

Nama Era Baru Akan Segera Diumumkan

Pergantian Kaisar juga diiringi dengan pergantian era, tentunya nama era baru akan diumumkan pada tanggal 1 April menjelang kenaikan Kaisar baru. Pastinya pengumuman nama era tersebut akan segera diumumkan kepada masyarakat luas setelah pemerintah telah memutuskan nama era tersebut. Tentunya nama era atau gengo akan digunakan oleh Kaisar selama masa pemerintahannya, pastinya pengumuman gengo ini sangat menarik mengingat masih banyak digunakan dalam kalender, surat kabar, maupun dokumen resmi walaupun masyarakat Jepang menggunakan kalender pada umumnya yang digunakan oleh masyarakat dunia.

Hal Unik Dalam Pergantian Kaisar Baru Ini

Salah satu keunikan yang terdapat pada pergantian Kaisar baru saat ini adalah pertama kalinya dalam sejarah kekaisaran Jepang selama 200 tahun terdapat pergantian Kaisar dikarenakan Kaisar sebelum mengundurkan diri. Karena umumnya pergantian Kaisar akan dilakukan jika Kaisar sebelumnya meninggal dunia bukan karena pengunduran diri, maka pergantian kaisar Jepang dari Akihito ke Naruhito ini akan menyedot banyak perhatian. Tidak itu saja, Perdana Menteri Jepang merencanakan akan mengadakan hari libur nasional selama 10 hari demi hajat besar Jepang ini.

Mengapa moment pergantian kaisar ini sangat begitu heboh di Jepang. Adalah hal umum jika pergantian kekuasaan dengan meriah menjadi kemeriahan dan pesta rakyat sebuah kekaisaran tau kerajaan. Di Indonesia sendiri,  pergantian presiden menjadi hajat politik dan pesta rakyat nan meriah plus dramati. Kaisar Jepang Akihito sangatlah dihormati oleh rakyat Jepang, beliau menjadi kaisar pertama yang akan turun takhta selama dua abad sejarah Jepang. karena alasan usia dan alasan kesehatan.

Kaisar Akihito yang meneruskan kepemimpinan dari sang ayah, Kaisar Showa, Hirohito, pada 1989 lalu tersebut dikenal banyak melakukan perubahan terhadap tradisi kerajaan sehingga seringkali mendapatkan kritik dari kaum tradisionalis Jepang.

Justru nilai-niali tradisional yang didobrak oleh kaisar Akihito ini membuat kekaisara semakin dekat dengan masyarakat Jepang.

Menurut Jeffrey Kingston, Direktur Studi Asia Temple University, Akihito sebagai Kaisar Jepang sangat berbeda dari sang ayah, terutama dalam peran dan karakter. Akihito sangat populer di kalangan masyarakat dan telah banyak membantu memperbaiki peran kekaisaran menjadi relevan di Abad ke-21. Akihito selama masa jabatannya berupaya menghapus citra kekaisaran di bawah bayang-bayang ayah yang menggagas agresi Jepang di Asia. Akihito seringkali menyatakan penyesalan atas tindakan negaranya sebelum dan selama Perang Dunia II. Bahkan Akihito akhirnya mengunjungi China pada tahun 1992, dan hal tersebut sangat menjadi kontroversi karena beliaulah satu-satun kaisar Jepang yang pertama mengunjungi China, salah satu negara yang pernah  menjadi jajahan Jepang.

Dalam dunia politik, Akihito dinilai berperan lebih besar dari para pemimpin politik Jepang selama ini dengan mendorong terciptanya rekonsiliasi pemerintah dengan para korban penjajahan Jepang. Bisa dibilang Akihito adalah kaisar yang berjasa menyembuhkan luka dan membaut rakyat Jepang bangkit dari keterpurukan di masa Perang Dunia II.

Dan masih banyak lagi kiprah kaisar berusia 83 tahun ini terhadap negara dan rakyatnya sehingga membuatnya begitu dicintai. Selain sering mengundang dan berinteraksi dengan warga sipil di setiap hajatan di istana kekaisaran, Akihito memang pantas dicintai rakyat, terbukti pada tsunami besar 2011 lalu, kaisar ini langsung meninjau sejumlah tempat pengungsian para korban bencana, sebuah perbuatan merakyat yang mulia yang tidak pernah dilakukan kaisar-kaisar sebelumnya.

Apabila Anda ingin mengetahui seluk beluk dari berita Jepang terkini namun tidak mengerti bahasa Jepang maka bisa menggunakan jasa tensai Karawang jasa penerjemah Jepang. Karena penyedia jasa ini dapat mentranslatekan bahasa Jepang ke bahasa Indonesia sehingga walaupun Anda tidak pintar berbahasa Jepang namun tetap bisa mengerti. Serta akan sangat membantu Anda ketika ingin berkomunikasi nanti.

Referensi:

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/2019_Japanese_imperial_transition
  2. https://tensai-indonesia.com/interpretation-translation-penerjemah-bahasa-jepang-tensai/
  3. Gambar: https://asia.nikkei.com/Politics/Japanese-emperor-s-abdication-6-things-to-know
  4. https://www.cnnindonesia.com/internasional/20171201175439-113-259526/akihito-kaisar-reformis-yang-dicintai-rakyat-jepang
, ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.