Peluang Bisnis Kursus Bahasa Jepang di Indonesia

Peluang Bisnis Kuliner Khas Jepang di Indonesia
February 13, 2020
Peluang Bisnis Sneakers Jepang di Indonesia
February 14, 2020

Bagaimana peluang bisnis kursus bahasa Jepang di Indonesia? Di Indonesia, peminat Bahasa Jepang terus meningkat drastis setiap tahunnya. Bahkan, berdasarkan data pada tahun 2017, Bahasa Jepang menempati peringkat kedua, setelah Bahasa Mandarin sebagai Bahasa yang paling diminati orang Indonesia untuk dipelajari. Hal tersebut didasari karena semakin menjamurnya perusahaan Jepang di Indonesia. Selain itu, hampir setiap tahun, orang Indonesia juga sering mengikuti program magang kerja dan beasiswa ke Negeri Sakura.

Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) masih mendominasi pelajar Indonesia yang aktif mempelajari Bahasa Jepang, dan hanya sedikit saja yang memutuskan untuk melanjutkan studinya ke Universitas atau Perguruan Tinggi di jurusan Bahasa Jepang. Mayoritas kualitas pembelajaran Bahasa Jepang di Indonesia hanya sebatas mengenal apa itu Bahasa Jepang saja, hanya sedikit yang diikuti dengan kemampuan berkomunikasi yang baik dan fasih menggunakan Bahasa Jepang. Sehingga, beberapa perguruan tinggi pun mulai membuka program studi yang umumnya mengarah ke Sastra dan Pendidikan Bahasa Jepang.

Mahasiswa lulusan perguruan tinggi dengan tingkat S1 tersebut pun dituntut agar setara bahkan melebihi tingkat berbahasa Jepang level N3, yakni standar tes kemampuan Bahasa Jepang (Nihongo Nouryoku Shiken) atau biasa dikenal dengan JLPT (Japanese Language Proficiency Test). Ujian ini biasa diselenggarakan oleh The Japan Foundation setiap dua kali dalam setahun dengan tingkatan N5-N1. Peserta ujian yang lolos nantinya, berhak mendapat sertifikat berstandar Internasional. Sertifikat tersebut dapat digunakan sebagai bukti kemampuan berbahasa Jepang yang menjadi nilai lebih di dunia kerja. Namun, untuk mendapat ilmu seputar Bahasa Jepang demi mempersiapkan tes JLPT yang lebih tinggi melalui perkuliahan tidaklah mudah dan cepat. Seperti kita ketahui, untuk menyelesaikan perkuliahan tingkat S1 dibutuhkan sekurang-kurangnya waktu 4 tahun. Selain itu, biaya kuliah juga masih menjadi beban tersendiri bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Maka, mulai bermunculan lembaga-lembaga kursus berbahasa Jepang di Indonesia. Umumnya, mereka menawarkan biaya pendidikan yang lebih terjangkau bila dibanding harus berkuliah Bahasa Jepang. Selain itu, sistem belajar yang santai, tidak terburu-buru, namun terarah pun menjadi keunggulan tersendiri bagi pembelajaran Bahasa Jepang di tempat kursus. Sehingga, kita mampu mempersiapkan tes JLPT dengan lebih matang mulai dari level terendah hingga tertinggi secara terarah dan tidak menghabiskan biaya yang terlalu banyak. Umumnya, pilihan kelas yang ditawarkan di lembaga kursus Bahasa Jepang terdiri dari kelas regular dan privat.

Biasanya, beberapa tempat kursus Bahasa Jepang yang terpercaya juga memberikan sertifikat khusus bagi siswa lulusannya. Jadi, jika mengikuti kursus Bahasa Jepang sekaligus tes JLPT nantinya, kita bisa memiliki banyak sertifikat kemampuan Bahasa Jepang yang semakin mempermudah saat di dunia kerja nanti. Namun, perlu diingat bahwa sertifikat bukan tujuan utama dalam mempelajari Bahasa Jepang, harus juga diikuti dengan skill berbahasa Jepang yang baik.

Fakta dan Mitos Seputar Belajar Bahasa Jepang

Mempelajari Bahasa Jepang memang tidak mudah dan instan, namun juga tidak sulit bagi kalian yang serius ingin mempelajari dan menguasainya. Kunci utama untuk dapat menguasai Bahasa Jepang adalah kedisiplinan dalam menerapkan berbagai kosa kata Bahasa Jepang yang harus terus diasah setiap harinya. Nah, berikut beberapa fakta dan mitos menarik seputar belajar Bahasa Jepang.

Rumitnya Memahami Huruf Kanji Jepang yang Jumlahnya Banyak

Kanji adalah salah satu dari tiga aksara atau cara penulisan dalam Bahasa Jepang setelah Hiragana dan Katakana. Hiragana sendiri lebih mudah dihafal karena bentuknya yang simpel dan mudah diingat. Sedangkan, katakana adalah penulisan yang dipakai untuk kosa kata serapan dari Bahasa Asing maupun sekedar penegasan atau kapitalisasi dalam penulisan nama orang dalam Bahasa Jepang.

Karakter huruf kanji sendiri diambil dari sistem aksara huruf pinyin (Mandarin). Umumnya, kanji lebih sulit dipahami karena memiliki banyak jenis, serta arti dan makna yang berbeda di setiap hurufnya. Selain itu, bentuk penulisan huruf kanji pun terbilang lebih rumit dibanding Hiragana dan Katakana. Salah satu cara paling efektif dalam menghafal huruf kanji adalah dengan memahami dua cara membacanya, yakni Kun-yomi (versi Jepang) jika kanji tersebut tunggal atau sebagai kata makna, dan On-yomi (versi China) jika digabung dengan kanji lainnya. Seperti, contohnya kanji Gunung (山 , Kun-Yomi: Yama, On-Yomi: -San). Cukup sulit memang untuk memahami kanji di masa awal belajar. Namun, kuncinya adalah harus percaya diri dan terus berlatih agar tidak mudah lupa. Bahkan, termasuk hal yang wajar bila beberapa penutur asli Bahasa Jepang pun masih sering lupa dengan huruf kanji yang sulit dipahami.

Takut Berbicara Langsung dengan Tata Bahasa Jepang yang Masih Berantakan

Jangan merasa malu dan takut salah saat hendak berbicara Bahasa Jepang langsung dengan orang Jepang. Percayalah, mereka tidak akan mencela kita hanya karena tata bahasa yang diucapkan kurang lancar.

Malah, orang Jepang merasa sangat senang dan mengapresiasi bila kita bisa berbicara dengan bahasa mereka. Mereka memahami kesulitan dan kekurangan kita saat berbicara dengan tata bahasa yang masih berantakan, begitupun mereka juga pasti merasakan hal yang sama saat belajar dan mulai berbicara bahasa Asing seperti, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Mahalnya Biaya Pendidikan Bahasa Jepang

Anggapan lama bila berbicara soal mahalnya biaya pendidikan berbahasa Asing, termasuk Bahasa Jepang. Kini, dengan adanya lembaga-lembaga non-fomal seputar kursus dan pelatihan Bahasa Jepang, kita pun semakin dipermudah untuk dapat menguasai Bahasa Jepang. Selain dengan efisiensi waktu dan lokasi yang mudah dijangkau, biaya pendidikan yang dipatok pun biasanya cukup terjangkau.

Dengan beberapa informasi diatas, maka peluang bisnis tempat kursus Bahasa Jepang pun sangat menjanjikan untuk kedepannya. Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami telah berkiprah selama lebih dari 8 tahun melayani masyarakat akan kebutuhan jasa kursus dan pelatihan Bahasa Jepang.

Bagi Anda yang membutuhkan layanan jasa penerjemah Bahasa Jepang-Indonesia, Tensai Karawang menyediakan jasa cepat penerjemah Bahasa Indonesia-Jepang yang terpercaya dan bersertifikasi. Lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan perindustrian di Karawang menjadikan salah satu kelebihan kami. Kantor pusat Tensai sangat mudah diakses dari pusat kota Karawang. Hanya perlu waktu tempuh 15 menit dari Stasiun Karawang, 10 menit dari Gerbang Tol Karawang Barat.

Tensai Karawang juga telah bekerjasama dengan lebih dari 80 perusahaan di wilayah Karawang dan sekitarnya. Bagi kalian yang penasaran dan butuh jasa cepat penerjemah dari Tensai bisa datang langsung ke kantor pusat Tensai Nihongo Bunka Gakuin di Ruko Emporium, Jl. Galuh Mas Raya No.5, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat. Atau bisa juga dengan menghubungi nomor kontak pelanggan, serta melalui beberapa akun media sosial pribadi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

  • Facebook : Tensai Nihongo Bunka Gakuin
  • Instagram : kursusjepangkarawang
  • YouTube : Tensai Indonesia | Kursus Bahasa Jepang

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

Open chat
Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?
Hi, Anda butuh penawaran atau info lebih lengkap tentang jasa kami? WhatsApp kami sekarang!