Peluang Bisnis Furniture Jepang di Indonesia

Peluang Bisnis Parfum Jepang di Indonesia
Peluang Bisnis Parfum Jepang di Indonesia
February 22, 2020
Bisnis Furniture Jepang

Sumber: https://nakashimawoodworkers.com/

Label atau Furniture merupakan peralatan rumah tangga yang penting dimiliki bagi setiap keluarga. Biasanya, barang-barang furniture terbuat dari kayu, bambu, logam, bahkan plastik sebagai bahan dasrnya. Furniture juga biasa dipadukan dengan gaya artistik yang menarik, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai sebagai peralatan rumah tangga saja namun kini, furniture juga bisa menjadi hiasan rumah indah yang bernilai seni. Contoh peralatan furniture yaitu meja, kursi, rak buku, lemari, pintu, tempat tidur, dan lain sebagainya. Bagaimana peluang bisnis furniture Jepang di Indonesia?

Jepang terkenal dengan ragam furniture nya yang berbentuk unik dan awet. Seperti yang kita sering lihat di serial televisi, baik itu film maupun animasi Jepang, biasanya furniture yang terdapat di rumah orang Jepang rata-rata terbuat dari bahan-bahan alam seperti kayu, dan sebagainya. Sehingga, keawetannya pun terjamin hingga bertahun-tahun pemakaian. Selain itu, bentuknya pun berbeda dari furniture pada umumnya yang terlihat lebih unik dan artistik. Walaupun terbuat dari kayu, furniture Jepang biasanya memiliki kesan yang futuristik dan minimalis dengan bermacam inovasinya.

Di Indonesia, mayoritas masyarakat kita lebih percaya dengan furniture berbahan dasar kayu atau bahan-bahan alam lainnya dikarenakan ketahanannya yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Kecenderungan masyarakat Indonesia dalam memakai barang yang berumur panjang pun menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka untuk membeli produk-produk asal Jepang, utamanya furniture yang memang sudah terjamin awet dan terpercaya. Maka, tidak mengherankan bahwa produk furniture Jepang cukup diminati oleh sebagian masyarakat Indonesia yang sudah percaya akan produk-produk kawakan Negeri Sakura tersebut. Sehingga, peluang bisnis bagi kalian yang hendak berjualan beragam peralatan furniture buatan Jepang pun terbuka lebar di depan mata. Tinggal bagaimana cara kalian dalam memasarkan dan lebih meyakinkan konsumen yang hendak membeli produk-produk furniture yang kalian tawarkan.

3 Perusahaan Furniture Ternama Asal Jepang

1. Conde House

Sumber: https://www.condehouse.com/

Conde House merupakan salah satu perusahaan furniture ternama asal Jepang yang bermarkas di Asahikawa, Hokkaido dan telah berdiri sejak 52 tahun yang lalu. Perusahaan furniture yang telah melebarkan sayapnya hingga ke beberapa negara diluar Jepang seperti Amerika Serikat, Singapura, Filipina, dan negara-negara di kawasan Benua Eropa itupun berencana menargetkan Indonesia untuk memasarkan produk-produk furniturenya. Pabrik furniture yang memiliki luas lahan terbesar di Jepang, yakni sebesar 2000 meter persegi itu menggunakan kayu dari Hokkaido sebagai bahan baku utama produknya. Namun, ada pula bahan yang diimpor langsung dari Amerika Serikat yang diolah dan dikeringkan untuk kemudian dibentuk menjadi produk furniture dan didesain oleh tim profesional. Salah satu produk terbaru dari perusahaan ini adalah kursi artistik karya David Trubridge bernama Kina Lux. Saat ini, setidaknya ada 6.000 jenis furniture yang pernah dibuat dan dipasarkan Conde House ke berbagai negara di seluruh belahan dunia.

2. Daiken

Sumber: https://alumi.st-grp.co.jp/

Perusahaan furniture asal Jepang selanjutnya adalah Daiken yang memiliki produk-produk unggulan seperti pintu kayu anti rayap, handle, serta engsel pintu. Hampir 90% material yang dipakai Daiken sebagai bahan produksinya menggunakan bahan daur ulang dan ramah lingkungan. Produk dari perusahaan furniture Jepang yang satu ini menggunakan elemen inti yang memiliki manfaat sebagai penahan panas, peredam suara, serta mengontrol kelembapan. Maka, Daiken gencar melakukan kegiatan lingkungan seperti penanaman hutan kembali, daur ulang, dan penggunaan kayu untuk kelanjutan hutan. Selain itu, Daiken juga terus berinovasi dengan memanfaatkan material baru yang jarang dipakai di produk-produk furniture pada umumnya seperti produk sisa manufaktur besi, pasir, bahkan abu vulkanik!

 3. Kokuyo Furniture

Sumber: https://www.kokuyo.com/

Kokuyo Furniture Co. Ltd. merupakan perusahaan yang berbasis di Tokyo dan Osaka, Jepang. Perusahan yang lebih berfokus pada produk furniture perkantoran tersebut memiliki beragam produk seperti kursi dan meja kerja, rak, serta beberapa furniture untuk rumah sakit, sekolah, dan furniture umum lainnya. Produk Kokuyo seperti kursi diklaim sangat nyaman untuk diduduki karena tidak menimbulkan rasa panas setelah lama digunakan. Kursi buatan Kokuyo didesain ergonomis dan sistem pump air pada dudukan dan sandarannya. Sementara, untuk produk meja dirancang lebih ramping yang lebih menghemat ruang. Harga yang ditawarkan untuk produk-produk Kokuyo pun mulai dari Rp 2,1 juta per itemnya. Kokuyo masuk ke Indonesia melalui perusahaan importir, PT Setsuyo Astec untuk kemudian dipasarkan secara tunggal oleh PT Krisson Indonesia.

Sangat menarik jika mengikuti perkembangan furniture di Indonesia, terutama untuk produk-produk furniture asal Jepang yang memang sudah dikenal terpercaya dan awet oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Maka, peluang bisnis produk-produk furniture asal Negeri Sakura tersebut cukup menjanjikan untuk kedepannya di pangsa pasar produk mebel dan furniture Indonesia.

Nah, selain membutuhkan keahlian dalam memasarkan dan mengembangkan inovasi bisnis di bidang produk furniture buatan Jepang tersebut, Anda juga perlu kiranya mempelajari setidaknya dasar-dasar kosa kata Bahasa Jepang. Terlebih jika Anda juga menargetkan pangsa pasar orang Jepang yang ada di Indonesia. Hal tersebut demi menarik minat konsumen apabila Anda juga menyasar pasar orang Jepang ataupun perusahaan yang hendak memesan produk furniture yang Anda tawarkan. Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami telah berkiprah selama lebih dari 8 tahun melayani masyarakat akan kebutuhan jasa kursus dan pelatihan Bahasa  dan penerjemah Jepang

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?