Go to Top

Uji Kemahiran Bahasa Jepang Nihongo Natto Tesuto Indonesia

Nihongo Natto Tesuto Indonesia

Yuk uji kemahiran Bahasa Jepang kamu  dengan Nihongo Natto Tesuto Indonesia! NIHONGO NATTO TESUTO atau disebut NAT-TEST, apakah itu? Apakah di antara teman-teman semua ada yang familiar dengan nama Nihongo Natto Tesuto atau biasa disingkat menjadi NAT-TEST? Mungkin bagi yang sudah lama bergelut di bidang bahasa Jepang istilah tersebut sudah sering berlalu-lalang di telinga, ya. Tapi apa itu sesungguhnya NAT-TEST dan untuk apa kegunaanya? Kali ini Tensai sebagai lembaga kursus bahasa Jepang akan membahasnya secara mendalam lam lam lam..

Ups!

Tapi sebelum kita membahas mengenai NAT-TEST secara mendalam, lebih baik kita membahas terlebih dahulu pentingnya mengukur kemampuan berbahasa, yuk!

Nihongo Natto Tesuto Indonesia

Penghargaan untuk setiap keahlian yang dimiliki seseorang merupakan hal yang sangat penting, karena pada setiap keahlian yang dimiliki individu selalu ada perjuangan di baliknya. Untuk bidang bahasa, penghargaan tersebut berupa pemberian sertifikat sebagai tanda kemahiran dalam berbahasa yang dapat digunakan untuk mendapatkan banyak kemudahan dalam berbagai bidang seperti kemudahan dalam mendapatkan beasiswa atau kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi kita untuk mengukuhkan kemampuan berbahasa kita dengan cara mendapatkan sertifikat tersebut.

Namun, mendapatkan sertifikat kemahiran berbahasa tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebelum mendapatkan sertifikat tersebut pembelajar bahasa perlu untuk mengikuti tes kemahiran berbahasa terlebih dahulu. Setiap bahasa memiliki tesnya sendiri tentunya, seperti bahasa Indonesia memiliki tes bernama “Ujian Kemampuan Bahasa Indonesia (UKBJ)”, bahasa Inggris memiliki TOEFL dan IELTS, serta bahasa Jepang memiliki “Nihongo Noryoku Shiken (NOKEN)” .

Nihongo Noryoku Shiken adalah ujian kemampuan bahasa Jepang yang diadakan oleh pemerintah Jepang secara langsung sebagai penghargaan bagi para pembelajar bahasa Jepang, semakin tinggi level kita, maka semakin banyak kemudahan yang ditawarkan pihak Jepang dalam berbagai hal terutama dalam bidang pendidikan. Namun sayang, Noken hanya diadakan dua kali dalam setahun dan karena tes ini dilakukan secara serentak di seluruh dunia, maka kita perlu menunggu cukup lama untuk mendapatkan hasilnya. Eits! Tapi jangan khawatir, bagi yang memiliki kepentingan mendesak dan membutuhkan secepatnya sertifikat  kebahasaan, masih ada satu lagi ujian kemampuan bahasa Jepang di Indonesia, yaitu tidak lain dan tidak bukan adalah NAT-TEST.

PROFIL SINGKAT NIHONGO NAT-TEST

NIHONGO NAT-TEST adalah ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Jepang bagi pembelajar bahasa Jepang yang tidak menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa ibu. Ujian kemampuan bahasa Jepang ini terdiri dari 5 level. Jika diurutkan dari yang paling bawah maka NAT-TEST memiliki (level 5), (level 4), (level 3), (level 2), dan yang palimg tinggi tentu (level 1). Tingkat kesulitan masing-masing level disetarakan dengan kesulitan Noken atau JLPT dari N5 hingga N1. Komponen yang diujikan yaitu, tata bahasa, bacaan, pendengaran dan satu lagi adalah huruf (kanji). Tes ini juga diselenggarakan oleh panitia yang sudah terpercaya yaitu dari penerbit SENMON KYOIKU yang beralamatkan di distrik Shinjuku, Tokyo, Jepang.

Selain hal-hal yang sudah dituliskan di atas, masih banyak kelebihan dari NAT-TEST loh.. Mau tahu apa saja? Yuk, kita ulas bersama!

Kelebihan Nihongo Natto Tesuto Indonesia

1. Sukses di Berbagai Negara Selama Beberapa Dekade

Nihongo NAT-TEST telah diselenggarakan sejak tahun 1988 di Jepang dan beberapa negara lain seperti Cina, Korea Selatan  dan Taiwan dan terus berkembang hingga sekarang sudah bisa diadakan di Indonesia juga. Sertifikat yang didapat, sudah diakui oleh berbagai institusi pendidikan bahasa di Jepang, loh.

2. Cara Terbaik untuk Persiapan Menghadapi NOKEN

Sertifikat kelulusan yang didapat dari hasil Noken dapat digunakan untuk pengajuan beasiswa dan pendaftaran sebagai mahasiswa di berbagai universitas di Jepang. Maka dari itu agar lulus Noken tentu saja dibutuhkan persiapan yang sangat matang. Oleh karena itu, NAT-TEST yang semua soalnya sudah disetarakan dengan soal-soal Noken  maka test ini sangat cocok sebagai simulasi sebelum mengikuti Noken. Selain itu, test ini juga diadakan sebanyak 6 kali dalam setahun, sehingga kita dapat terus mengukur dengan sangat detail kemajuan dari kemampuan kebahasaan kita.

3. Hasil Ujian yang Cepat dan Detail

Hasil ujian dapat dapat diketahui secara cepat bahkan pihak panitia dapat memastikan bahwa hasil ujian akan diketahui paling lambat sekitar 3 minggu setelah ujian diselenggarakan. Nilai yang didapat tidak hanya dicantumkan secara general namun juga secara detail dari setiap bagiannya sehingga kita dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan kita secara tepat. Bagi yang lulus tentu saja aka ada sertifikat yang didapat. Berikut adalah contoh sertifikat Nihongo NAT-TEST:

4. Ujian dengan Kualitas Terbaik

Panitia yang bertugas membuat soal-soal dan materi yang muncul pada saat ujian adalah orang-orang yang sangat berkompeten di bidang kebahasaan, seperti Guru senior bahasa Jepang, Penulis buku kebahasaan dan juga Editor buku. Materi yang dipilih untuk ditampilkan pada soal adalah materi-materi yang sudah diakui baik di Jepang, sehingga soal yang diujiankan memiliki kualitas yang sangat baik dan terus berkembang.

5. Ujian yang Sudah Memiliki Integritas

Panitia berusaha sebaik mungkin menjaga integritas ujian dengan sama sekali tidak mengizinkan sekecil apa pun kecurangan ketika mengikuti ujiannya. Salah satu caranya adalah menyediakan kartu ujian dengan disertai foto identitas agar pihak panitia dapat mengenali identitas setiap peserta. Sehingga tak heran jika sertifikat Nihonggo NAT-TEST sudah diakuki di dunia.

Nah, setelah membaca artikel tentang Nihongo Natto Tesuto Indonesia ini sudah tidak ragu lagi untuk mengikuti NAT-TEST, bukan? Bagi yang penasaran mengenai informasi detailnya bisa bertanya langsung di Facebook page-nya Nihongo NAT-TEST Indonesia https://www.facebook.com/nattest.indonesia atau di laman twitter juga @NaTesIndo serta melalui email ke nattest.indo@gmail.com. Lokasi ujian Nihongo Natto Tesuto Indonesia diadakan di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia, Depok.

Sumber:

Penulis: Suci Khoerunnisa

,