Go to Top

Mengenal 7 Fakta Unik tentang Bahasa Jepang

Ayo mengenal 7 fakta unik tentang bahasa Jepang. Fakta unik bahasa jepang yang belum Anda ketahui bisa jadi akan membuat Anda takjub. Sebab meski kebudayaan Jepang sudah mendunia, seperti anime, dan makannya seperti  sushi dan sashimi yang sudah Anda kenal baik. Namun, fakta- fakta unik tentang Bahasa Jepang berikut ini bisa jadi belum Anda ketahui.

Mengenal 7 Fakta Unik tentang Bahasa Jepang

Mengenal 7 Fakta Unik tentang Bahasa Jepang

Kata kerja (verba) tidak berkonjugasi

Jika beberapa bahasa di dunia membuat aturan konjugasi atau terjadinya perubahan bentuk verba jika berhubungan dengan jumlah, jenis kelamin dan waktu. Maka dalam Bahasa Jepang

verba tidak berkonjugasi dengan orang atau angka, sehingga setelah Anda belajar kata dasar verba (kata kerja), Anda tidak perlu menghafal ribuaan perubahan kata kerja (derivatif).  Anda hanya perlu memusatkan perhatian pada kompleksitas sistem penulisan bahasa Jepang yang sangat sulit.

Bahasa jepang tidak ada kaitannya dengan bahasa mayoritas yang ada di dunia

Tidak seperti Inggris yang secara leksikal sangat erat dengan bahasa Spanyol, Perancis dan beberapa bahasa lainnya yang penulisan menggunakan abjad latin. Bahasa Jepang tidak berhubungan dengan mayoritad bahasa lainnya, sehingga sampai saat ini Bahasa Jepang diklasifikasikan sebagai bahasa isolat, arti Bahasa Jepang benar-benar unik di antara semua bahasa yang ada dunia saat ini.

Hampir 10 persen pengguna internet berkomunikasi dengan bahasa Jepang

Bahasa Jepang berada diurutan 9 teratas sebagai bahasa yang diucapkan di seluruh dunia, namun Bahasa Jepang berada diurutan tiga teratas sebagai bahasa yang digunakan di Internet, setelah Bahasa Inggris dan Spanyol. Meskipun penggunaan Bahasa Jepang kurang dari 2 persen dari populasi manusia di seluruh dunia, tetapi pada jaringan Internet jumlahnya naik lima kali lipat, yaitu hampir 10 persen pengguna Internet menggunakan Bahasa Jepang.

Bahasa Jepang memiliki beberapa kata serapan yang diambil dari bahasa yang ada seluruh dunia

Bahasa Jepang berisi sejumlah besar 外来語 (gairaigo, atau kata serapan dari bahasa lain). Namun, kata serapannya berasal dari berbagai bahasa yang ada di seluruh dunia, seperti テレビ (terebi, artinya stasiun televisi) yang berasal dari bahasa Inggris, kemudian パン (pan, atau roti) berasal dari bahasa Portugis, yaitu pão, danアルバイト (arubaito, atau tenaga paruh waktu) yang berasal dari Bahasa Jerman, yaitu arbeit, atau kerja.

Homofon yang banyak

Jika Anda berpikir bahwa bahasa Inggris memiliki banyak homofon, di mana kata yang dimaksud bisa memiliki makna yang berbeda tetapi cara pengucapannya sama. Namun, Anda coba belajar Bahasa Jepang dulu untuk mengetahui bahwa kata-kata yang berbeda bisa diucapakan sama namun artinya berbeda. Sebagai contoh delapan karakter yang ada di bawah ini diucapkan shin, tetapi kedelapannya memiliki arti yang berbeda satu sama lain, yaitu Tuhan, kemajuan, percaya, baru, benar, peregangan, jantung, dan orangtua.

神       進       信      新       真       伸       心       親

Sistem honorifik yang banyak

Dalam bahasa Jepang ada sistem honorofik yang sangat banyak dan wajib digunakan, biasanya ditambahkan pada akhiran kata untuk menunjukkan rasa hormat. Akhiran untuk mengormati orang akan berbeda-beda, termasuk untuk teman sebaya, anak-anak, tamu, sesepuh, kolega, guru, dan banyak lagi.

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa tercepat yang digunakan untuk berbicara

Sebuah studi terbaru yang membandingkan kecepatan suku kata per detiknya, di mana responden merupakan penutur asli dari berbagai bahasa. Hasilnya ternyata menunjukan bahwa Bahasa Jepang berada di urutan puncak dengan 7,84 suku kata per detik. Sebagai perbandingan, Bahasa Inggris diucapkan dalam 6,19 suku kata per detik.

Jika Anda merupakan penggemar kebudayaan Jepang sejati dan ingin belajar Bahasa Jepang, Anda patut mempertimbangkan belajar Bahasa Jepang dari punutur asli. Selain itu pastikan untuk terus mendapatkan informasi terbaru tentang fakta unik bahasa jepang. Demikianlah Anda sekarang telah mengenal 7 fakta unik tentang bahasa Jepang.

, , ,