Go to Top

Mayumi Itsuwa Sang Teman Hati

Mayumi Itsuwa Sang Teman Hati. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan lirik lagu Jepang berjudul Kokoro no Tomo dong? Tahukah Anda siapa penyanyi asli lagu tersebut? Mau berkenalan lebih dalam dengan “si empunya” lagu fenomenal itu?

Nah, setelah sebelumnya Tensai sudah pernah memposting beberapa sosok Nihonjin terpopuler seperti Ozawa Seiji dan Masamu Kamaga,  kali ini Tensai akan mengupas lebih dalam tentang seorang penyanyi legendaris dari Jepang yang terkenal hingga di Tanah Air. Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

Mayumi Itsuwa Sang Teman Hati

Mayumi Itsuwa Sang Teman Hati

Mayumi Itsuwa adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu yang berasal dari negeri Sakura. Bahkan di era tahun 1980-an, lagu-lagunya begitu populer hingga ke Asia Tenggara tak terkecuali Indonesia. Penyanyi kelahiran 24 Januari 1951 itu, masih tampak begitu awet muda dan auranya tetap mempesona hingga saat ini.

Hal tersebut terlihat ketika Beliau datang ke Indonesia menjadi salah satu guest star di festival Jak-Japan Matsuri 2015 yang digelar bulan September lalu. Meskipun usianya sudah memasuki 65 tahun, tapi suaranya masih terdengar merdu ketika dirinya mempersembahkan lagu yang begitu nge-hits di Indonesia, yaitu Kokoro No Tomo bersama J-Rock band pada event Jak-Japan Matsuri tersebut.

Mayumi Itsuwa Sang Teman Hati

Yaps, berkat lagu Kokoro no Tomo tersebut nama Mayumi Itsuwa begitu tak terasa asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Yang mengherankan adalah, ternyata lagu berjudul Kokoro no Tomo ini justru tak populer di negara asalnya lho! Koq bisa??

Kenyataannya memang begitu. Karena lagu Kokoro no Tomo pada saat dirilis tidak dipromosikan melalui media masa sebagai lagu single, tetapi hanya dimasukkan ke dalam album bertajuk Shiosai (Nyanyian Ombak) di tahun 1982. Sehingga lagu tersebut tidak pernah diputar baik melalui TV maupun radio di Jepang. Jadi hanya para penggemar Mayumi Itsuwa saja yang pada saat itu bisa mendengarkan lagu tersebut dengan piring hitamnya.

Namun, pada akhirnya lagu Kokoro no Tomo berhasil memikat masyarakat Jepang setelah Mayumi menyanyikan lagu itu di acara Kouhaku Uta Gassen (Pertempuran Lagu Merah Putih) pada tahun 1987 yang saat itu disiarkan di salah satu stasiun TV Jepang. Bahkan hingga saat ini akhirnya lagu penuh makna tersebut pun tetap terus bergema di hati para pendengarnya. Contohnya musisi Tanah Air yaitu Zivilia-band pun terpikat untuk mengaransemen ulang lagu tersebut dengan sentuhan aliran Japan-Rock yang saat ini sedang digandrungi remaja Indonesia.

Mayumi Itsuwa Sang Teman Hati

Jauh sebelum itu, lewat lagunya dengan judul ‘Koibito yo’ yang dirilis tahun 1980 pun telah berhasil melambungkan nama Mayumi Itsuwa sebagai penyanyi terkenal di Jepang pada zamannya dan memenangkan penghargaan emas versi Japan Record Award. Kala itu namanya sejajar dengan penyanyi Jepang seperti Yuming, Miyuki Nakajima, dan Mariya Takeuchi. Bahkan lewat lagunya yang kembali populer di Indonesia yang berjudul ‘Amayadori’ membuat Mayumi Itsuwa pantas menjadi sang “legend” di belantika musisi Jepang yang masih bersinar dan mendunia hingga kini .

Wah, salut banget deh buat Mayumi Itsuwa ini yang lagunya masih tetap eksis dan disukai dari berbagai kalangan usia, karena hampir semua orang pasti tau lagu Kokoro no Tomo-nya itu!

Yuk segera gabung ikutan kursus bahasa Jepang di Tensai Nihongo Bunka Gakuin Karawang, biar makin tau dong arti dari lagu-lagu Jepang lainnya!

 

, ,