Berikut Ini Lowongan S1 Sastra Jepang Yang Prospektif

Apa Saja Lowongan Kerja S1 Sastra Jepang?
January 21, 2023
Mengenal Lebih Dalam Jurusan dan Lowongan Kerja D3 Bahasa Jepang
January 22, 2023
Apa Saja Lowongan Kerja S1 Sastra Jepang?
January 21, 2023
Mengenal Lebih Dalam Jurusan dan Lowongan Kerja D3 Bahasa Jepang
January 22, 2023

Jurusan sastra Jepang sering dianggap tidak memiliki prospek pekerjaan yang menjanjikan. Jangan salah, lowongan s1 sastra Jepang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh anda sebelumnya. Berikut ini beberapa prospek kerja dari jurusan sastra Jepang.

Peluang Kerja Jurusan Sastra Jepang

Ada banyak prospek kerja untuk jurusan sastra Jepang. Seperti pekerjaan lainnya, anda membutuhkan motivasi dan semangat agar bisa meraih pekerjaan impian ini.

1.     Kedutaan Besar Jepang

Kuliah sastra Jepang akan menuntut anda belajar seluruh kebudayaan Jepang. Mulai dari bahasa, budaya, seni, dan sebagainya. Oleh karena itu, salah satu lowongan s1 sastra Jepang yang paling prospektif adalah menjadi staf Kedutaan Besar Jepang.

Tanggung jawab pekerjaan ini terngantung di bidang mana yang anda lamar.

2.     Interpreter Bahasa Jepang

Intepreter adalah orang yang menerjemahkan pesan secara bersamaan dengan penutur ke dalam bahasa tertentu baik lisan atau isyarat.

Intepreter dituntut untuk bisa menjaga konteks dan makna bahasa asli ke bahasa tujuan. Agar kompetensi anda semakin terlatih, anda bisa membaca materi intepreter lain dari berbagai bidang. Mulai dari hukum, karya ilmiah, sampai artikel-artikel ringan.

3.     Penerjemah atau Translator

Sering disamakan dengan interpreter, translator memiliki tugas yang cukup berbeda. translator memiliki tugas untuk menterjemahkan Bahasa Jepang ke bahasa tujuan. 

Pekerjaan ini tidak bisa dilakukan secara serampangan, karena anda harus menjaga kesamaan arti dan budaya yang dimiliki dari bahasa tujuan. 

4.     Pemandu Wisata

Prospek kerja yang satu ini cocok bagi alumni vokasi bahasa Jepang yang doyan travelling. Dengan berbekal segala pengetahuan budaya Jepang, anda akan menjelaskan setiap informasi atau sejarah yang ada di Jepang.

Seorang tour guide tidak harus terbang langsung ke Jepang. Anda bisa menjadi tour guide disini khusus untuk orang-orang Jepang yang sedang berwisata disini. Tugas anda sebagai pemandu wisata adalah memastikan wisatawan bisa nyaman dan menikmati waktu liburannya.

5.     Pengajar atau Dosen

Peluang kerja sebagai pengajar bagi sudah menjadi hal yang lumrah di bidang bahasa. Apabila anda sangat berminat di bidang pendidikan atau berminat dalam riset penelitian kebudayaan, maka menjadi pengajar adalah prospek pekerjaan yang cocok untuk anda.

Untuk menjadi seorang pengajar di kursus, biasanya anda diharuskan untuk menempuh pendidikan tambahan agar memiliki sertifikat mengajar. Namun, apabila anda ingin ingin menjadi guru privat atau pengajar di tempat kursus, sertifikat mengajar bukan barang wajib.

Demikian peluang-peluang kerja bagi lulusan sastra Jepang. Anda tidak perlu risau mengenai bagaimana prospek karir di atas. Asalkan anda mahir berbahasa Jepang dan mampu memahami makna serta nilai dari kebudayaan. Rasanya seluruh lowongan s1 sastra Jepang bisa anda dapatkan. Semangat! 

Vokasi Bahasa Jepang

Kami sedang mempersiapkan Perguruan Tinggi Vokasi program bahasa Jepang pada tahun 2023. Untuk mendapatkan harga spesial, silahkan mengisi kuesioner pendataan awal peserta program D1/D2 pada link di bawah ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.