Go to Top

Kendo Bela Diri Modern Jepang

kursus bahasa dan budaya JepangX seni bela diri JepangX Tensai Nihongo Bunka Gakuin

Ada yang sudah tau apakah itu Kendo? Kira-kira dari negara mana ya olahraga tersebut berasal? Apakah Minasan termasuk atlet Kendo juga?

Nah, setelah cukup lama posting artikel lain, kali ini admin Tensai Nihongo Bunka Gakuin akan membagikan postingan unik tentunya masih seputar negara Jepang donk. Artikel ini akan menjabarkan mengenai seni bela diri yang sudah tidak asing lagi. Ya, Kendo! Daripada makin penasaran, mari simak selengkapnya berikut ini.

Kendo Bela Diri Modern Jepang

Kendo (剣道 ) adalah seni bela diri modern dari Jepang yang menggunakan pedang. Kendo berasal dari kata ken (剣) yang artinya “pedang”  dan  (道)  yang artinya “jalan”.  Jadi arti kendo secara keseluruhan adalah suatu jalan/ proses disiplin diri yang membentuk suatu pribadi samurai yang pemberani dan loyal. Kendo menggabungkan unsur-unsur bela diri, seni dan olahraga. Dalam latihannya, Kendo menggunakan peralatan seperti:

  • Seragam: Kendo gidan hakama
  • Pedang dari bambu (shinai) terbuat dari empat belahan bambu yang disatukan dengan satu ikatan.
  • Bogu, yang terdiri dari:
    • Men (pelindung kepala)
    • Do (pelindung badan)
    • Kote (pelindung tangan)
    • Tare (pelindung paha, pinggang, dan kemaluan)

Kendo Bela Diri Modern Jepang

Latihan kendo (keiko) terdiri dari berbagai macam tujuan untuk mengembangkan diri. Seperti halnya dengan olahraga bela diri lainnya, kendo pun memerlukan disiplin tinggi dan dedikasi penuh untuk latihan.  Diantaranya seperti etika (religi), postur tubuh dan teknik melangkah, serta cara mengayun pedang yang benar.

Sekilas permainan ini tampak seperti olahraga anggar, meskipun terdapat banyak sekali perbedaan antara kedua olahraga tersebut. Mulai dari jenis pedang yang digunakan, pakaian, dan sistem permainan.Seseorang yang berlatih Kendo secara bertahap akan belajar mulai dari cara memegang pedang yang benar hingga tehnik serangan dan bertahan, variasi gerakan kombinasi serangan dan counter attack.

kendo

Sebagai suatu olahraga, Kendo juga terdapat unsur kompetisi dengan lawan (Shim). Setiap gerakan yang tepat mengenai sasaran lawan, berhak mendapatkan nilai atau ippon. Kemudian, ketika melakukan serangan, harus disertai dengan teriakan (Kiai) kepada sasaran yang dituju untuk mengekspresikan semangat mereka. Dilanjutkan dengan bunyi hentakan kaki depan pada lantai (Zanshin). Poin akan diberikan bila seluruh elemen pedang, teriakan dengan tubuh menyatu dalam satu gerakan utuh dan sempurna.

Meskipun termasuk olahraga keras, namun Kendo tetap mengutamakan unsur safety. Karena memakai Bogu, sehingga cedera parah seperti pada olahraga keras lainnya dapat dihindari. Pukulan dengan shinai pun dilakukan dengan teknik snap, bukan memotong atau mengiris.

Minasan tertarik untuk mempelajari Kendo? Atau justru tertarik untuk belajar bahasa Jepang?

Gak perlu bingung, karena tempat kursus bahasa dan budaya yang profesional di Karawang ya Tensai Nihongo Bunka Gakuin atuh jawabannya!

Segera daftarkan diri Anda untuk bergabung bersama Tensai. Silakan datang langsung ke Kampus Utama Tensai (Ruko Emporium Blok. VII C-5 Galuh Mas Karawang) atau Kampus Cabang KP (Jl. Ahmad Yani By Pass, Ruko samping Pom Bensin Karang Pawitan / SMAN 4 Karawang)

Bisa juga melalui sms/WA/Line ke : 0896-1157-4857 atau hubungi ke : (0267) 8637522

sumber: Tensai Ice Breaking

 

,