Go to Top

Karawang Japan Matsuri 2 Kebanggaan Tensai Tahun 2015

Karawang Japan Matsuri 2 Kebanggaan Tensai Tahun 2015

Karawang Japan Matsuri 2 Kebanggaan Tensai Tahun 2015. Tensai Nihongo Bunka Gakuin patut berpuas diri, karena salah satu event agenda tahunan Tensai telah terselenggara dengan cukup sukses di bulan Oktober 2015 lalu. Event yang bernama Karawang Japan Matsuri (KJM) 2 dengan mengusung tema Nihon No Kisetsu ( Musim Di Jepang) dan berlokasi di 3 tempat yang berbeda ini sangat menarik perhatian masyarakat Karawang untuk mengenal lebih jauh tentang kebudayaan Jepang secara detail.

Event yang tepatnya diselenggarakan selama 2 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 10-11 Oktober 2015 di Technomart, KCP Mall, dan Mercure Hotel ini mengadakan berbagai macam bentuk kebudayaan Jepang mulai dari adanya lomba tingkat sekolah, bazar tentang kejepangan (makanan Jepang, pernak-pernik, informasi sekolah di Jepang, dll) dan menampilkan beberapa performance yang semuanya berbau kejepangan. Ditambah lagi dengan guest starnya Hiroaki Kato (seniman asal Jepang), JS. Navigator KIRARI, dan Jakarta Keion Club.

Karawang Japan Matsuri 2 Kebanggaan Tensai Tahun 2015

Karawang Japan Matsuri 2 Kebanggaan Tensai Tahun 2015

Pada event ini semua panitia KJM 2 berasal dari beberapa siswa, staf & pengajar Tensai yang telah bekerja berbulan-bulan mempersiapkan segala sesuatunya sampai hari H berlangsung. Ditambah juga dengan bantuan dari beberapa mahasiswa & dosen dari Unpad (Universitas Padjadajaran) Bandung dan Unsada (Universitas Dharma Persada) Jakarta yang ikut berpartisipasi menjadi panitia. Kerjasama demi kesuksesan acara KJM 2 ini membuat semua anggota panitia dari yang tidak saling mengenal menjadi lebih kompak dibawah bendera Tensai, dengan harapan 2 hari yang ditunggu-tunggu nanti harus membuat masyarakat Karawang puas dengan event ini.

Pusat dari event KJM 2 ini berada di Technomart dengan mengadakan panggung utama & bazar. KCP Mall digunakan untuk acara lomba seputar kejepangan dan beberapa performance lainnya. Sedangkan Mercure Hotel sendiri digunakan untuk opening ceremony acara KJM 2 pada hari Sabtu tepat tanggal 10 Oktober 2015 yang secara resmi dibuka oleh Ibu dr. Cellica Nurrachadiana (Bupati Karawang) dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan penting lainnya, salah satunya yaitu Directur General The Japan Foundation Jakarta (Asia Tenggara) Mr. Ogawa Tadashi.

Tensai berupaya memberikan kesempatan kepada para pelajar di Karawang, Cikarang, dan Bekasi dengan mengadakan kegiatan perlombaan pendidikan seputar Jepang yang diharapkan mampu menuangkan bakat & ketertarikannya terhadap Bahasa Jepang yang mungkin sudah diajarkan di sekolah mereka. Untuk perlombaan sendiri dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori pendidikan dan kategori hobi. Kategori pendidikan meliputi kemampuan membaca, menulis, dan memahami huruf Jepang seperti lomba Kana (huruf Hiragana & Katakana), kanji (mengenai huruf Kanji), dan rodoku (membaca dan memahami teks dalam huruf Jepang). Sedangkan utnuk perlombaan kategori hobi diantaranya seperti lomba Shuuji (menulis kaligrafi huruf Jepang dengan tinta), Manga (menggambar anime Jepang), Karaoke lagu Jepang, Mading (antar sekolah), Fotografi (seputar acara KJM 2 berlangsung), dan Mewarnai (tingkat TK). Ada beberapa perlombaan yang telah dilakukan tahap penyeleksian terlebih dahulu sebelum acara KJM 2 berlangsung (h-7), seperti lomba Kana, Kanji dan Rodoku.

Tak kalah seru dengan perlombaan tingkat pelajar yang diadakan Tensai dibawah naungan Divisi Lomba, dari Divisi Acara panitia KJM 2 ini pun mengadakan beberapa lomba khusus untuk pengunjung seperti lomba makan ramen panas & pedas, lomba makan takoyaki, lomba memindahkan sukro memakai sumpit, dan lomba tebak lagu. Tidak hanya itu, lomba costreet dan cosplay competition untuk para penggemar anime pun digelar selama 2 hari. Selain diramaikan dengan adanya perlombaan tersebut, pengunjung akan diberikan suguhan kebudayaan Jepang asli yaitu parade Omikoshi (arak-arakan kuil Jepang dengan berat 1 ton) yang dipikul secara beramai-ramai mengelilingi area Technomart yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu omikoshi yang diarak oleh laki-laki dan omikoshi yang diarak perempuan. Ada juga beberapa tarian dari Jepang (odori) yang dipersembahkan mahasiswa Unpad, dance cover yang tak kalah dengan JKT 48, dan sederet band pengisi acara dengan membawakan lagu J-Pop. Tak luput juga kesenian asli Jawa Barat pun dihadirkan dengan ditampilkannya angklung dan tari Jaipong.

Sesuai dengan tema yang diusung dalam event KJM 2 ini yaitu Nihon no Kisetsu (musim di Jepang), pengunjung akan merasakan sensasi suasana yang berbeda di tiap musimnya. Ada 4 musim yang disuguhkan yaitu musim semi (haru), musim panas (natsu), musim gugur (aki), dan musim dingin (fuyu). Tensai menyediakan beberapa foto booth setiap musimnya di lokasi yang berbeda 2 musim di KCP Mall dan 2 musim lagi di Technomart. Pengunjung bebas berfoto dan berselfie ria, asalkan membeli pin terlebih dulu di setiap musim.

Di akhir hari ke-2 sebagai puncak dari rangkaian acara KJM 2 ini, Tensai menghadirkan KIRARI dan Hiroaki Kato agar pengunjung merasa puas. Tak hanya sampai disitu, pengunjung dibuat terkejut dengan peluncuran Hanabi (kembang api) sebagai simbol event KJM 2 telah berakhir. Namun, satu persembahan terakhir dari semua panitia KJM 2 yaitu mengajak semua pengunjung untuk menari bersama-sama. Saat menari inilah semua panitia KJM 2 merasa puas tanpa beban lagi, sebagai tanda event KJM 2 telah terlaksana dengan baik & sukses.. Terlepas dari itu, kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan belum sempurnanya event ini terselenggara dengan baik, sehingga ini menjadi tugas kami untuk tetap memperbaikinya agar event KJM tahun depan menjadi lebih baik lagi daripada tahun ini.

Demikian itu lah Karawang Japan Matsuri 2 Kebanggaan Tensai Tahun 2015. Nantikan kami di event Karawang Japan Matsuri 2016 selanjutnya ya… Siapa tau Anda bisa menjadi bagian dibalik kesuksesan event Kejepangan terbesar di Karawang ini…!!!!!!

, ,