Go to Top

Kamishibai Seni Bercerita dengan Gambar dari Jepang

Kamishibai Seni Bercerita dengan Gambar dari Jepang. Apa itu kamishibai? Kamishibai berasal dari dua kata yaitu “kami” berarti kertas, sedang “shibai” adalah yang dimainkan di teater. Secara harfiah, itu bisa diartikan sebagai kertas drama. Pencerita berkisah melalui kertas demi kertas Kamishibai adalah teknik bertutur atau mendongeng tradisional Jepang yang ada sejak abad ke -12.

Merunut sejarah, kamishibai dahulu digunakan para biksu dari kuil Budha di Jepang untuk menyiarkan kebaikan. Cerita2 yang dituturkan sarat pesan moral. Pada 1920-an, pencerita kamishibai berkeliling dari desa ke desa mengenakan sepeda. Sebuah panggung kecil dibawa bersamanya. Mereka dinanti anak-anak, yang tertarik pada ceritanya.

Kamishibai Seni Bercerita dengan Gambar dari Jepang

Siapa yang membeli permen dari si pencerita, boleh menempati duduk barisan depan. Pencerita kemudian bertutur sembari memasukkan dan menarik papan berisi gambar ke kotak kayu, secara bergantian. Ceritanya macam-macam, tergantung keliaran imajinasi pencerita.

Diduga, budaya itu populer karena Jepang dilanda depresi global. Banyak pengangguran. Tak lama, sekitar 1950-an metode bercerita itu nyaris punah lantaran televisi merebak. Kamishibai hanya ada di sekolah atau perpustakaan. Lama kelamaan, kamishibai juga menjadi cikal-bakal manga serta anime.

Kini, kamishibai kembali menjadi sebuah bentuk seni jalanan. Seni itu bahkan menjalari Amerika dan Eropa. Kamishibai juga dibikin format komputer atau digitalnya.

Kamishibai Seni Bercerita dengan Gambar dari Jepang

Nah khusus malam ini Tensai akan kedatangan tamu istimewa lho. Seorang gadis Jepang, Dia adalah Suzuko chan, gadis Jepang penggemar “Nasi Goreng” yang hobi main tenis dan baca buku ini adalah putri seorang Direktur Utama Perusahaan Jepang di Kawasan KIIC Karawang. Gadis Jepang berumur 17 tahun yang bersekolah di SMA favorit di Osaka ini akan datang ke Tensai Nihongo Bunka Gakuin dan akan membacakan cerita (Kamishibai) yang sangat terkenal dari Jepang berjudul Momotarou.

 

Kelas mana ya yang akan beruntung dia datangi? Teman-teman siswa/siswi/alumni yang ingin berkenalan boleh datang, hari ini, Kamis tanggal 28 juli 2016 jam 7 malam. Sssst, ketika ditanya tentang pernikahan lintas negara (kokusai kekkon), dia menjawab “sangat tertarik” dan langsung disetujui Ibunya yang mendampinginya. Mmmm, siapa dia pangeran yang beruntung meraih hati Sang Putri yang terlihat sangat dewasa namun pemalu khas perempuan Jepang ini?

Kamishibai Seni Bercerita dengan Gambar dari Jepang

Ketikaditanya tentang “Koibito ga imasu ka?”
Coba artinya apa, ayo?
Yang belajar bahasa Jepang di Tensai pasti ngerti.
Dan jawabannya :
“Iie, imasen”
Pokoknya, besok malam, kalian wajib ngapel ke Tensai deh. Ga tanggung-tanggung, Suzuko chan bakal datang lengkap dengan Ayah dan Ibunya,
Ayo buka buku dan kamus Jepangnya……
Siap-siap PeDeKaTe?

Demikianlah Kamishibai Seni Bercerita dengan Gambar dari Jepang.

, ,