Go to Top

Geta Sandal Kayu Kebanggaan Jepang

Ada yang tau apa itu Geta Sandal Kayu Kebanggaan Jepang? Bagi orang ‘awam’ yang tidak mengenal Jepang, pasti belum tau kan? Nah, yang belum tau apa itu Geta simak artikel berikut ini yang sudah Tensai siap bagikan untuk Anda 😀

Kalau di Indonesia ada bakiak, di Jepang pun sama lho punya sandal tradisional dari kayu juga. Mereka menyebutnya dengan Geta. Bedanya kalo bakiak itu biasanya satu pasang sandal dipakai beramai-ramai, bentuknya seperti selop datar, dan banyak digunakan saat lomba peringatan 17 Agustus-an. Sedangkan geta berbentuk seperti sandal jepit biasa dengan dua buah hak tinggi. Kira-kira apakah sudah ada bayangan dengan bentuk Geta?

Geta Sandal Kayu Kebanggaan Jepang

Pada bagian alas geta yang disebut dai terdapat tiga buah lubang untuk memasukkan tali berlapis kain (hanao). Dua buah hak yang disebut ha (artinya gigi) terdapat di bagian bawah alas atau sol. Hak tinggi pada geta memudahkan pemakainya berjalan melewati jalan becek ketika hujan.

Geta Sandal Kayu Kebanggaan JepangPada saat  mengenakan yukata (yaitu sejenis kimono non formal yang dipakai pada musim panas), geta dipakai di luar ruangan dan dipakai dengan kondisi kaki telanjang. Sedangkan saat memakai kimono formal, geta biasanya dipakai dengan kondisi kaki mengenakan kaus kaki khusus yang disebut tabi.

Cara memakai geta sama seperti cara memakai sandal jepit biasa, yaitu hanao dijepit diantara ibu jari kaki dan telunjuk kaki. Menurut pendengaran orang Jepang, saat geta dipakai terdengar seperti berbunyi “karankoron”. Karena kalau bunyinya “tuk tik tak tik tuk” itu suara sepatu kuda-nya orang Indonesia. 😀

Di beberapa tempat pemandian air panas (onsen) dan penginapan ala tradisional (ryokan) di Jepang, biasanya menyediakan geta yang bisa dipinjam untuk para tamu. Saat memakai geta, diharapkan berjalan dengan sangat hati-hati dan pelan-pelan saja ya. Selain agar terlihat anggun dengan berbusana kimono, juga biar tidak jatuh karena dapat membuat cedera kaki atau keseleo dengan hak yang tinggi pada geta.

Nah yang harus perlu diketahui nih, bentuk geta untuk pria biasanya persegi empat. Sedangkan bentuk geta untuk kaum wanita adalah oval. Bahkan sekarang ada yang berbentuk bulat yang ukurannya bisa dipesan sesuai dengan keinginan pembeli dan di bagian tengahnya bisa diberi motif gambar juga. Harga sepasang geta pun dibanderol cukup lumayan lho, berkisar di atas 100 ribuan!        たかいですが、かわいね!!

Geta Sandal Kayu Kebanggaan Jepang

Ada satu hal unik lagi yang masih berhubungan dengan geta sandal kayu kebanggaan Jepang ini yaitu Omamori Mame Geta (Jimat Geta Mini). Omamori Mame Geta merupakan hasil karya dari daerah Tokushima di Jepang. Alasan kenapa disebut dengan Mame Geta karena geta ini berukuran sangat kecil, panjangnya hanya sekitar 7cm dan bentuknya mayoritas bulat sehingga diidentikan dengan kata mame yang berarti “kacang”. Karena ukurannya yang sangat kecil, sebagai Omamori geta ini tidak bisa dikenakan di kaki sebagai alas kaki, tapi sering dijadikan pajangan atau digantung sebagai hiasan mobil. Wah, cocok banget sebagai omiyage alias oleh-oleh nih!

Geta Sandal Kayu Kebanggaan Jepang

Keren kan geta sandal kayu kebanggaan Jepang yang unik ini! Sesuatu yang dianggap sederhana dan jadul banget, tetapi memiliki nilai jual yang fantastis berkat adanya kebanggaan dari masyarakat Jepang terhadap warian budaya leluhur mereka yang masih dipertahankan dan dilestarikan hingga saat ini. Bahkan mereka tak sungkan untuk terus berinovasi menciptakan ide-ide baru tanpa menghilangkan bentuk aslinya. Sugoi!! Cakep!

Biar makin kece, kursus bahasa Jepang di Tensai, yuukk 😀

 

, , ,