Go to Top

Fakta Unik di Balik Sikap Tubuh Orang Jepang

Fakta Unik di Balik Sikap Tubuh Orang Jepang

Ingin tahu apa saja fakta unik di balik sikap tubuh orang Jepang? Kawan ,ketahuilah bahwa mempelajari kebudayaan bangsa Jepang memang selalu menjadi hal yang menarik, termasuk dengan belajar bahasanya, kursus bahasa Jepang? Di Tensai Karawang bisa jadi jawabannya.

Fakta Unik di Balik Sikap Tubuh Orang Jepang

Tentunya, mempelajari bahasa Jepang juga harus tahu akan kebudayaan dari bangsa matahari terbit tersebut. Hal ini dikarenakan banyak sekali keunikan dari budaya mereka yang harus diketahui, terlebih lagi jika ingin berkunjung ke negeri sakura tersebut. Sudah tentu banyak yang harus diketahui.

Salah satu kebiasaan unik yang seringkali ditunjukan oleh orang Jepang yaitu kebiasaannya dalam membungkukan badannya. Membungkukan badan yang dilakukan oleh para orang Jepang merupakan salah satu bagian etika dalam pergaulan di Jepang. Dengan kata lain, membungkukan badan juga menjadi salah satu pergaulan yang dianggap sangat penting untuk dilakukan.

Hal ini dikarenakan membungkukan badan juga merupakan bentuk dalam memberikan rasa hormat atau saling menghormati satu sama lain. Sehingga, bertandang ke negeri sakura Jepang bukan hanya untuk berlibur saja, tetapi juga bisa berinteraksi dengan masyarakat di sana.

Beberapa contoh misalnya seperti yang telah dilakukan oleh mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama, di mana beliau membungkuk sekaligus menjabat tangan kaisar Jepang saat pertemuan mereka. Meskipun beberapa berkomentar akn tindakan dari barack Obama tersebut, namun tidak ada ketersinggungan dari tindakan Obama. Hal ini dikarenakan setiap negara memiliki cara tersendiri dalam memberikan penghormatan misalnya.

Sedangkan contoh lainnya seperti saat pihak Toyota meminta maaf saat melakukan penarikan terhadap mobilnya. Di mana presiden Toyota, yaitu Akio Toyoda dengan hormat meminta maaf dengan cara sedikit membungkukkan badannya. Sikap ini sebenarnya umum terjadi saat orang Jepang bertemu dengan tetangga atau orang yang dikenal secara tidak sengaja.

Jenis-jenis sikap membungkuk dari masyarakat Jepang

Berikut beberapa jenis membungkuk dari masyarakat Jepang yang harus diketahui karena setiap sikap ditujukan pada orang-orang yang berbeda, atau menunjukan maksud atau tujuan yang berbeda juga. Berikut beberapa sikap membungkuk di antaranya;

  • Membungkuk sedikit; seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sikap dengan membungkukan tubuh sedikit atau sesaat lebih serig dilakukan oleh seseorang saat bertemu dengan tetangganya secara tidak sengaja di depan rumah. Selain itu juga, sikap ini seperti seseorang yang sedang dimarahi oleh atasannya jika dalam segi pekerjaan misalnya.
  • Membungkukkan bahu dan langsung pergi; sikap ini seringkali dilakukan oleh anak kecil karena seperti sebuah isyarat di mana ia sedang dimarahi oleh ibu atau orang yang lebih dewasa. Dengan kata lain, sebagai sikap merasa bersalah ataupun malu.
  • Membungkuk dalam; yang bahkan membungkuk sampai ke pinggang biasanya dilakukan saat meminta permohonan maaf dengan kasus yang ekstrim misalnya.

Beragam jenis sikap membungkuk di atas memang memiliki maksud dan juga tujuan yang berbeda-beda dalam segi interaksi dengan orang lain. Namun bisa dibilang isyarat tersebut telah menjadi suyang merupakan isyarat kebudayaan dari masyarakat Jepang justru seringkali dilakukan secara tidak sadar. Sehingga rata-rata orang Jepang akan melakukannya dalam tiap kesempatan, bahkan juga jika hanya sekilas saat baru bertemu dengan orang yang baru.

Dalam soal kebudayaannya, sikap unik yang dimiliki oleh orang Jepang juga seringkali dibedakan dengan berbagai sebutan. Seperti halnya budaya zen merupakan salah satu budaya yang dimiliki oleh masyarakat Jepang di mana orang yang memiliki kebudayaan ini akan lebih mengedepankan sikap yang tabah dan juga diam. Selain itu juga, mereka akan lebih mengutamakan dalam soal tindakan dibandingkan dengan perkataan atau ucapan. Sikap yang tenang dan juga serius ini merupakan tindakan mereka untuk menunjukan keinginan atau tekad dalam menjaga kehormatan keluarga.

Itulah beberapa hal yang harus diketahui tentang Fakta Unik di Balik Sikap Tubuh Orang Jepang. Pengen tahu orang Jepang dengan budaya unik mereka? Ya datangi negeri mereka. Gak usah jauh-jauh untuk ketemu orang Jepang. Di tempat kursus bahasa Jepang, banyak kok. Yuk kursus bahasa Jepang sekalian dengan budayanya di Tensai Karawang untuk persiapan bertandang ke negeri sakura tersebut.

Save

Save

, ,