Go to Top

Etika Meja Makan Jepang

Etika Meja Makan Jepang

Jepang memiliki adab makan yang unik. Mungkin etika di Jepang ini aga sedikit ribet untuk diikuti, tapi apapun bisa kita coba terhadap penghormatan budaya bukan? Etika meja makan Jepang mungkin tampak sulit jika Anda belum pernah mencobanya sebelumnya, tetapi begitu Anda mengetahuinya, sebenarnya cukup sederhana. Etiket tingkat ini cocok untuk situasi santai, jadi silakan coba ketika Anda mendapat kesempatan!

15 Etika Meja Makan Jepang

Ingin tahu lebih banyak tentang tata krama meja secara mendalam? Berikut adalah beberapa penjelasan untuk banyak tindakan yang diambil selama jamuan makan Jepang!

Etika Meja Makan Jepang: 01. Sebelum Anda mulai makan, ucapkan “itadakimasu.”

Sebagai aturan umum, orang Jepang selalu mengatakan “itadakimasu” sebelum mereka makan. Secara harfiah berarti “Saya mengambil bagian,” dan ada banyak cerita dan legenda di belakangnya, tetapi itu dianggap sebagai cara untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada koki, orang-orang yang tumbuh / mengangkat bahan-bahan yang membentuk makanan, dan bahan-bahannya. sendiri karena semua yang ada di piring pernah hidup.

Di restoran, tidak apa-apa untuk mengatakannya dengan keras sehingga semua orang bisa mendengarnya, tetapi jika Anda diundang ke rumah seseorang, tolong katakan dengan suara sehingga koki dan / atau orang yang diundang Anda dapat mendengarnya karena dianggap kasar untuk tidak mengatakannya. Tolong coba untuk mengingat ini.

Etika Meja Makan Jepang: 02. Jika sumpit adalah sumpit sekali pakai, pertama-tama keluarkan mereka dari kantong kertas.

Sumpit sekali pakai akan selalu datang dalam selubung seperti amplop kertas, jadi pertama-tama Anda harus menggesernya keluar.

03. Selanjutnya, pecahkan sumpit dengan menariknya secara vertikal.

Etiket yang tepat menyatakan bahwa sumpit harus dipegang secara horizontal, dan ditarik terpisah secara vertikal di atas lutut Anda.

04. Jangan tarik sumpit Anda secara horizontal.

Meskipun ini adalah praktik yang sangat umum, mematahkan sumpit Anda dengan menariknya secara horizontal sebenarnya dianggap etiket yang buruk. Anda bisa mengenai seseorang di sebelah Anda jika Anda memisahkannya dengan cara ini.

Etika Meja Makan Jepang: 05. Etiket yang buruk untuk menggosok sumpit Anda bersama-sama untuk menghilangkan serpihan.

Menggosok sumpit Anda bersama-sama untuk menghilangkan serpihan menandakan kepada staf restoran bahwa Anda menganggap sumpit yang mereka berikan itu murahan. Jika sumpit Anda memiliki serpihan yang mengganggu Anda, harap lepaskan secara manual dengan cara yang tidak mencolok.

Etika Meja Makan Jepang: 06. Jika tidak kebagian sumpit, buatlah dengan kertas sumpit Anda.

Karena tidak sopan menempatkan sumpit di atas mangkuk saat Anda tidak menggunakannya, jika tidak ada sisa sumpit, harap gunakan sumpit kertas.

1. Pertama, lipat tiga.

2. Lipat menjadi dua lagi untuk membuat gunung kecil.

Etika Meja Makan Jepang

Etika Meja Makan Jepang: 07. Silakan gunakan kertas yang dilipat itu sebagai sumpit untuk istirahat selama makan.

Etika Meja Makan Jepang

Mohon jangan meletakkan sumpit Anda langsung di atas meja atau dikarpet makan siang.

08. Saat Anda makan nasi, pegang mangkuk nasi di depan Anda dengan tangan berlawanan yang Anda gunakan untuk sumpit.

Etika Meja Makan Jepang

Saat Anda makan nasi, pastikan untuk mengangkat mangkuk Anda di depan Anda. Anda akan dianggap tidak sopan jika tidak mengangkat mangkuk saat makan nasi di Jepang.

09. Aturan yang sama berlaku untuk mangkuk sup

Etika Meja Makan Jepang

Saat Anda makan sup seperti miso, maka peganglah mangkuk sup di depan Anda dengan tangan berlawanan yang Anda gunakan untuk sumpit. Ketika Anda melakukan ini, gunakan sumpit Anda untuk mendorong bahan dalam sup keluar dari jalan dan minum kaldu. Gunakan sumpit Anda untuk makan bahan dalam sup.

Sebenarnya ada lebih banyak aturan mengenai ini untuk situasi formal, tetapi hanya menaikkan mangkuk Anda sangat cocok untuk situasi kasual.

10. Harap bersihkan piring Anda.

Etika Meja Makan Jepang

Sebagian besar tempat di Jepang tidak akan membiarkan Anda membawa pulang makanan untuk alasan kesehatan, jadi silakan bersihkan piring Anda. Jika ada alasan mengapa Anda tidak bisa menyelesaikannya, Anda tidak perlu memaksakan diri, tetapi silakan coba. Anda juga dapat bertanya kepada staf tentang ukuran porsi mereka, terutama nasi mereka, dan meminta porsi yang lebih kecil jika Anda bukan penghobi makan, he..he.

11. Saat Anda selesai makan, masukkan kembali sumpit Anda ke kertas dan lipat ujungnya

Etika Meja Makan Jepang

Setelah Anda selesai makan, geser sumpit kembali ke dalam sarung dan lipat ketiga bagian bawah sehingga staf tahu bahwa sumpit digunakan. Namun, jika Anda memiliki sisa sumpit, Anda bisa membiarkannya.

12. Setelah makan, tolong katakan “gochisousama deshita.”

Etika Meja Makan Jepang

“Gochisousama deshita” secara harfiah berarti “Aku berpesta.” Kata “chisou” berarti “pesta,” dan ditulis dengan dua karakter yang berarti “lari,” karena itu menyiratkan bahwa makan dibuat sebagai hasil dari banyak orang berlarian dan bekerja bersama. “Pergi” dan “sama” adalah kehormatan yang membawa frasa ke tingkat politer yang menyiratkan terima kasih kepada banyak orang yang datang bersama untuk membuat makanan ini. Tolong ucapkan “gochisousama deshita” dengan rasa terima kasih.

Sementara banyak orang mengatakan “itadakimasu” dan “gochisousama deshita” dengan tangan mereka disatukan seolah-olah dalam doa, itu tidak diperlukan dan sering merupakan perilaku regional. Mengatakan “gochisousama deshita” kepada staf saat Anda keluar dari restoran juga dianggap sopan santun.

Nah mudah bukan? Silahkan nanti dipraktikan jika Anda sudah berada di Jepang baik karena studi lanjutan, jalan, atau magang. Jangan lupa untuk mengunjungi Tensai Karawang agar perjalanan Anda ke Jepang bisa lebih bermakna. Kami di Tensai mengajarkan bahasa dan budaya Jepang dalam bentuk kursus cepat murah dan nyaman. Bahkan kami juga menyediakan banyak jasa termasuk translasi, penerjemah, interpretasi hingga kursus bahasa Indonesia untuk ekspatriat Jepang.

, ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.