Go to Top

Etika Kereta Api Jepang: Apa yang Boleh dan yang Jangan Dilakukan

Bagaimana Etika Kereta Api Jepang? Jika Anda pernah menonton video viral di YouTube tentang orang Jepang yang mendorong, mendorong, dan menjejalkan kereta, Anda mungkin berpikir kereta api di Jepang semuanya kacau dan tidak ada penahan yang dilarang. Namun, ini sangat bertolak belakang. Dibandingkan dengan negara lain, Jepang memiliki aturan dan etiket yang sangat spesifik untuk memastikan perjalanan yang aman dan harmonis.

Seperti keharmonisan yang dibangun di lembaga pendidikan kursus bahasa Jepang di Tensai. Di sini transformasi pengetahuan dan skill bahasa Jepang disampaikan dalam banyak metode yang harmonis. Selain itu Tensai juga menyediakan jasa interpretasi dan translasi bahasa Jepang.

Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari di kereta api Jepang, kereta bawah tanah, atau bus untuk membantu Anda sukses berbaur dengan penduduk lokal Jepang.

1. Jangan Menyerobot Antrian

Kereta api Jepang sangat efisien sehingga berhenti tepat di tempat pintu terbuka. Jadi pastikan Anda berbaris dengan orang lain di platform. Jika Anda ragu, tunggu untuk berbaris di belakang orang lain. Menyela atau menyerobot antrian akan membuat Anda jadi pusat perhatian dengan wajah-wajah yang tersinggung.

2. Jangan duduk di kursi prioritas jika tidak terpaksa

Kursi-kursi ini khusus diperuntukkan bagi manula, cacat, wanita hamil, dan orang-orang dengan masalah medis. Tentu saja, jika kereta tidak ramai dan kursi kosong, Anda bisa duduk di sana setelah menawarkan kepada seseorang yang membutuhkannya.

3. Jangan merokok di dalam kereta

Merokok sebenarnya dilarang tidak hanya di kereta tetapi di stasiun, di peron dan bahkan di halte bus. Untungnya, jika Anda benar-benar perlu merokok, sebagian besar stasiun kereta api memiliki Area Merokok yang nyaman di luar stasiun itu sendiri.

4. Jangan duduk di lantai kereta

Kecuali jika Anda berada dalam film Jepang TITANS, Anda sedang terlibat pertempuran epik melawan Titans untuk menyelamatkan manusia, Anda mungkin tidak ingin ketahuan duduk atau tidur di lantai kereta.

Meskipun, kadang-kadang Anda akan melihat anak-anak sekolah menengah duduk di lantai kereta di depan pintu, ini sangatlah tidak beradab, kasar dan dipandang rendah. Jika Anda tidak ingin dipandang rendah sebagai anak sekolah menengah yang berjiwa pemberontak maka pastikan untuk duduk di kursi yang ditentukan.

5. Tidak menelepon

Sementara orang kadang-kadang akan berbicara di ponsel mereka di negara lain seperti Kanada dan Amerika Serikat, di Jepang, keheningan adalah emas. Browsing internet pada smartphone, tidak apa-apa asalkan Anda SILENT terlebih dulu ponsel Anda. Hal tersebut berlaku untuk semua perangkat juga.

6. Tidak meletakkan bawaan atau tas di samping Anda

Tempat duduk terbatas dan harus berbagi dengan orang lain. Melettakan tas atau bawaan sembarangn di kursi di dekat Anda maka bisa dianggap tidak beretika. Jadi, bahkan jika Anda ingin meletakkan semua boneka binatang Anda dan menyimpan tas Anda di samping Anda, pegang tas Anda di pangkuan Anda atau letakkan di rak atas yang disediakan.

7 – JANGAN menggunakan headphone untuk Musik yang bisa terdengar keluar

Kereta Jepang dikenal karena kesunyiannya dan tidak semua orang ingin mendengarkan lagu terbaru kesukaan Anda di headphone Beats Anda. Jadi pastikan untuk menolaknya dan hormat kepada orang-orang di sekitar Anda.

Etika Kereta Api Jepang 8 – JANGAN berayun di pegangan

Ini kedengarannya masuk akal, tetapi sering kali saya melihat sekelompok orang di mana seseorang menjuntai dari pegangan tangan seolah-olah mereka sedang berlatih untuk cincin senam di Olimpiade. Ini berbahaya dan sangat kekanak-kanakan, jadi lakukan itu pada tempatnya seperti di tempat fitnes atau di area olah raga.

Etika Kereta Api Jepang 9 – JANGAN makan atau minum di kereta

Kadang-kadang Anda akan melihat orang Jepang minum teh, air, atau bahkan alkohol di kereta dan Anda mungkin juga melihat beberapa orang makan nasi atau makanan ringan.

Namun, makan dan minum harus dihindari di kereta terutama jika mereka penuh sesak. Ada risiko menumpahkan makanan atau minuman di tanah atau pada orang lain dan jika makanan memiliki bau yang kuat, orang bisa merasa tidak nyaman. Contoh pada gambar di bawah ini adalah paling terburuk: makan sushi dan minum beer di dalam kereta!

Etika Kereta Api Jepang 10 – Jangan berisik

Keheningan benar-benar emas di kereta Jepang jika Anda belum menyadarinya sekarang. Banyak orang Jepang sangat sibuk dengan pekerjaan dan keluarga, sehingga perjalanan adalah satu-satunya waktu istirahat yang mereka miliki. Banyak yang membaca buku, menggunakan ponsel atau tidur di kereta. Berbicara dengan keras, tertawa, dan membuat suara keras akan membuat Anda banyak terlihat marah.

Meskipun sebagian besar dari hal-hal ini tampaknya masuk akal, mereka cenderung menjadi aturan yang paling tidak terucapkan dalam menaiki kereta di Jepang. Yang paling penting untuk diingat adalah menghormati semua orang di sekitar Anda. Dengan menghindari kebiasaan buruk ini, kereta tidak hanya akan berjalan lebih lancar untuk semua orang, tetapi Anda akan menjadi model orang asing bagi orang Jepang.

Sumber: https://web.archive.org/web/20151103205000/http://japanistas.com:80/en/archives/41728

,