Go to Top

Duta Besar Jepang untuk Indonesia

Minna san sekarang kita akan berkenalan dengan Duta Besar Jepang yang ada di Indonesia, tapi sebelumnya udah tahu belum Duta Besar itu apa sih??? Bagi yang belum tahu, kami kasih tahu deh… ini adalah pengertian Duta Besar dikutip dari halaman Wikipedia.

Duta besar atau lengkapnya duta besar luar biasa dan berkuasa penuh adalah pejabat diplomatik yang ditugaskan ke pemerintahan asing berdaulat, atau ke sebuah organisasi internasional, untuk bekerja sebagai pejabat mewakili negerinya.

Dalam penggunaan sehari-harinya dapat digunakan sebagai pejabat setingkat menteri yang ditempatkan di negara asing. Pejabat diplomatik yang melakukan tugas antara dua negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dikenal sebagai konsul jenderal. Negara tuan rumah biasanya memberikan kuasa kepada duta besar untuk menguasai daerah tertentu yang disebut sebagai kedutaan, yang wilayahnya, staff, dan bahkan kendaraan biasanya diberikan imunitas diplomatik ke banyak hukum di negara tersebut.

Nah sudah tahu kan Duta Besar itu apa? Sekarang mari berkenalan dengan Duta Besar Jepang yang ada di Indonesia. Beliau adalah Mr. Tanizaki Yasuaki.

ty

Mr. Tanizaki Yasuaki adalah Duta Besar Jepang untuk Indonesia yang mulai bertugas pada 20 September 2014. Sejak 18 tahun terakhir kunjungannya  ke Jakarta, Beliau merasa sangat terkejut dengan perkembangan pesat kota Jakarta. Dalam sambutan resminya yang dimuat di web resmi Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, beliau mengatakan,  “Saya merasa sangat senang karena dapat melihat dan merasakan sendiri, betapa besar luapan semangat persahabatan antara Jepang dan Indonesia, serta tingginya minat masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jakarta terhadap Jepang”. Ini tidak terkecuali untuk kota-kota lain, selain Jakarta ya. Karawang misalnya, kota tempat dimana Tensai Nihongo Bunka Gakuin  telah terlahir membawa angin perubahan penuh persahabatan yang mempererat hubungan Indonesia dan Jepang.

Seperti kita tahu pertumbuhan perekonomian Indonesia serta proses demokratisasi yang boleh dikatakan masih baik,  telah menjadikan Indonesia menempati posisi penting di dunia internasional. Ini adalah modal utama stabilitas nasional Indonesia. Di bawah kepemimpinan presiden Indonesia yang baru, Bapak Joko Widodo, Mr. Tanizaki Yasuaki  mengharapkan Indonesia akan semakin mantap melangkah maju untuk memasuki era baru.

jk-dubes

Jepang dan Indonesia, telah lama menjadi mitra strategis yang saling bekerjasama secara erat dalam berbagai situasi. Di sisi pertukaran antar masyarakat, saat ini tidak kurang dari  2.500 pelajar dan mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Jepang dan jumlah warga Indonesia yang mengunjungi Jepang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Selain itu, jumlah calon perawat dan care-giver yang berangkat ke Jepang berdasarkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi (EPA) juga terus mengalami peningkatan. Semoga persahabatan kedua Negara ini, di bawah kepiawaian Mr. Tanizaki Yasuaki Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Jepang untuk Indonesia akan semakin kuat dan luas.

Mr. Tanizaki di kesempatan lain mengatakan, selama paruh pertama tahun 2015, telah terjadi peningkatan dari 30 persen di kedua jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia dan wisatawan Indonesia ke Jepang. Tren ini dipercaya akan terus berlanjut karena kedua Negara, Jepang dan Indonesia bekerja untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke negara mereka melalui berbagai langkah seperti melalui program bebas visa. Wah, ini kesempatan bagi kita yang ingin tahu lebih banyak tentang bahasa, budaya, industri, teknologi, pendidikan dan pariwisata Jepang ya. Buat siswa/i yang sedang belajar bahasa Jepang di Tensai khususnya, mari bersiap-siap untuk mewujudkan mimpi menginjakkan kaki di Jepang, sehingga bisa melaksanakan alih teknologi, pengetahuan dan keterampilan. Ini benar-benar akan menjadi hal yang luar biasa.

IMG-20160715-WA0005

Mr. Tanizaki Yasuaki pria kelahiran Tokyo, 20 Oktober ini,  menyatakan  lebih dari 1.700 perusahaan Jepang telah memasuki pasar Indonesia, dan kebanyakan dari mereka terkonsentrasi di sektor manufaktur, termasuk industri otomotif.  Indonesia masih memiliki banyak potensi dan Jepang ingin berinvestasi di Indonesia. Beliau menyambut kebijakan pemerintahan baru untuk mengembangkan industri nilai tambah tinggi di Indonesia. Mmm, bicara tentang industri otomotif, tidak akan terlepas dari kota pangkal perjuangan, Karawang. Sudah saatnya kita semua berbenah, menambah kemampuan diantaranya berbekal keterampilan berbahasa Jepang.

Lulusan dari salah satu Universitas bergengsi di Jepang yaitu Universitas Tokyo, fakultas hukum tahun 1975 ini memiliki sederet prestasi yang luar biasa dan patut diacungi jempol.  Sebelum menjabat sebagai Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Beliau merupakan Duta Besar Jepang untuk Vietnam.

tanizaki

Suatu kebanggaan buat Tensai bisa beraudiensi bersama dengan Mr. Tanizaki Yasuaki bareng LPIH juga. 🙂

Berbicara tentang Jepang tentu saja tidak terlepas dari perbincangan hangat terkait Kereta Cepat buatan China yang dengar-dengar akan segera dibangun di Indonesia. Namun tersebar berita terbaru yang cukup mengejutkan tentang pembangunan kereta cepat di beberapa Negara yang akan dibatalkan, dan mungkin hal ini tidak terkecuali di Indonesia. Benarkah ? dan seperti apa ya kebijakan pemerintah Indonesia ?

Yang jelas, akan sangat menyenangkan jika kita benar-benar dapat menikmati kereta cepat di negeri sendiri, tentu saja kereta cepat buatan Jepang (Shinkansen), yang sudah terbukti aman dan profesional dalam pengelolaannya dari waktu ke waktu.

Semoga Duta Besar Jepang Mr. Tanizaki Yasuaki dapat membantu memberikan pengaruhnya terhadap kebijakan pemerintah Indonesia, merealisasikan impian banyak orang untuk dapat mempergunakan Shinkansen Jepang di Indonesia. Tujuan stasiunnya tentu saja akan ada Karawang, bukan ? Dimana terhampar ratusan industri raksasa, kawasan industri terbesar di Indoesia, tempat dimana kita semua tengah belajar bahasa dan budaya Jepang bersama Tensai Nihongo Bunka Gakuin.

Gimana minna san sudah kenal kan sekarang? Nah kalau mau tahu informasi seputar Bahasa dan Budaya Jepang, ayo gabung bersama Tensai Nihongo Bunka Gakuin Pusat Kursus Bahasa dan Budaya Jepang Profesional. Buruan karena jumlah siswa terbatas lho tiap kelasnya 🙂

Save

, ,