Go to Top

Belajar Membuat Kyaraben: Kreasi Bentou Berkarakter

Belajar Membuat Kyaraben

Yuk Belajar Membuat Kyaraben. Apa itu? ya semacam kreasi Bentou Berkarakter! Mungkin sebagian besar dari minna san sudah mengenal atau pernah mendengar istilah Bentou bukan, atau mungkin ada yang sudah pernah membuatnya sendiri? Bentou (弁当) merupakan bekal makanan praktis yang dibuat di rumah untuk kemudian dinikmati di luar, baik di kantor, di sekolah sampai di tempat rekreasi. Meskipun Bentou dapat dinikmati secara praktis, tetapi Bentou tergolong makanan yang sehat loh minna san. Dalam satu kotak makan, biasanya Bentou terdiri dari nasi dengan berbagai varian lauk pauk, sayur dan buah.

Belajar Membuat Kyaraben
matome.naver.jp

Di negara asalnya Jepang, popularitas Bentou mulai meningkat sejak zaman Edo meskipun masyarakat Jepang sudah mengenal Bentou jauh sebelum zaman itu. Berdasarkan buku sejarah tertua di Jepang, “Nihon Choki” keberadaan Bentou diperkirakan sudah ada sejak abad ke 5. Namun istilah Bentou sendiri diperkirakan mulai dikenal masyarakat Jepang pada abad ke 16. Hal ini bermula saat Oda Nobunaga memberi makanan kepada banyak orang di istana dalam bentuk lunch box dengan maksud agar lebih mudah dibagikan, lalu ia menamakannya sebagai “Bentou”. Sejak saat itulah istilah Bentou mulai dipakai oleh masyarakat Jepang.

Pada perayaan Hanami, biasanya masyarakat Jepang berkumpul dengan keluarga dan kerabat untuk bersama-sama menikmati Bentou di bawah pohon sakura. Seiring perkembangan zaman, saat ini Bentou sudah bisa ditemukan di toko-toko bahkan di stasiun kereta api. Bentou yang dijual di stasiun kereta api dinamakan Ekiben (駅弁). Ekiben pertama kali dijual di stasiun Utsunomiya Prefektur Tochigi pada tahun 1885.

Di Indonesia sendiri istilah Bentou mulai dikenal oleh masyarakat sejak masuknya restoran Bentou dari Jepang seiring dengan proses ekspansi industri Jepang di Indonesia. Dalam kehidupan sehari-hari, budaya Bentou sangat melekat dengan kehidupan masyarakat Jepang khususnya dikalangan anak sekolah dan para pekerja. Seiring dengan eksistensinya, saat ini Bentou telah mengalami berbagai inovasi mulai dari komposisi hingga bentuk. Demi menumbuhkan semangat makan pada anak-anak, para ibu di Jepang mengkreasikan hidangan Bentou dengan berbagai bentuk yang menyerupai karakter, mulai dari karakter yang sederhana hingga karakter yang dibuat dengan detil dan tingkat kerumitan tinggi. Seiring dengan tingginya minat masyarakat, akhirnya tercetuslah istilah “Kyaraben”.

Secara etimologi Kyaraben terdiri dari dua kata, yaitu: キャラクター (kyarakutaa) diambil dari Bahasa Inggris yang berarti karakter dan 弁当 (bentou) yang berarti bekal. Sehingga Kyaraben dapat diartikan sebagai bekal makanan yang berbentuk karakter. Di Jepang, Kyaraben selalu menghiasi isi kotak makan anak-anak dengan maksud membuat anak-anak menyukai bekal yang dibawakan. Kyaraben dapat dikreasikan dengan berbagai bentuk mulai dari karakter sederhana hingga karakter-karakter yang terdapat dalam film animasi.

Langkah Mudah Belajar Membuat Kyaraben

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara membuat Kyaraben dengan alat dan bahan sederhana, berikut ulasannya:

Membuat karakter panda dengan dua bahan utama

Belajar Membuat Kyaraben
matome.naver.jp

Dalam membuat karakter panda yang sederhana diperlukan bahan baku nasi Jepang dan nori. Jika sulit mendapatkan bahan baku beras Jepang di Indonesia, dapat diganti dengan campuran beras dan beras ketan. Takarannya adalah 3:1, 3 takar untuk beras putih dan 1 takar untuk beras ketan.

Penambahan beras ketan dimaksudkan untuk mendapatkan tekstur nasi yang menyerupai nasi Jepang (sedikit lengket) sehingga mudah dibentuk.

Langkah-langkah:

  1. Siapkan cetakan nasi berbentuk lingkaran dengan diameter lebih kecil dari kotak makan. Cetaklah nasi dengan ketebalan secukupnya (bisa disesuaikan dengan kebutuhan). Rapikan setiap sisi dan bentuklah agar menyerupai kepala panda.
  2. Buatlah dua bulatan kecil yang menyerupai telinga panda, lalu tempelkan pada kedua sisi di atas kepala panda.
  3. Buatlah pola pada nori yang menyerupai telinga, mata, hidung dan mulut panda. Lalu tempelkan sesuai dengan posisinya.
  4. Kyaraben panda siap untuk masuk ke kotak nasi, jangan lupa untuk menambahkan lauk, sayur dan buah demi mendapatkan gizi yang seimbang.

Membuat karakter Mouse dan Owl dengan bahan utama telur rebus

Untuk membuat karakter Mouse dan Owl, alat dan bahan yang harus disiapkan yaitu: telur rebus, wortel, nori atau biji wijen hitam, biji lada hitam atau biji ketumbar, daun bawang, pisau, dan tusuk gigi.

Belajar Membuat Kyaraben

belajar membuat Kyaraben

Langkah-langkah membuat karakter Owl

  1. Buatlah goresan pada telur dengan menyerupai bentuk telinga, mulut, dan 2 sayap Owl di sisi kanan dan kiri.
  2. Berikan sentuhan pada bagian dalam goresan dengan menggunakan tusuk gigi hingga goresan menjadi bervolume. Jika sulit, siasati dengan memasukkan sedikit nasi ke dalam goresan.
  3. Irislah wortel dalam bentuk lingkaran kecil menyerupai mata Owl. Lalu tempelkan ke duanya di atas mulut.
Belajar Membuat Kyaraben

belajar membuat Kyaraben

Karakter Owl siap menghiasi Bentou. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan nasi, sayur dan buah demi mendapatkan gizi yang seimbang.

Membuat Karakter Mouse

  1. Potong wortel dengan bentuk lingkaran, buatlah 2 potongan yang sama sebagai daun telinga Mouse.
  2. Buatlah dua goresan pada telur untuk telinga.
  3. Selipkan potongan wortel pada kedua sisi telinga.
  4. Buatlah pola menyerupai mata dengan nori lalu tempelkan. Jika tidak ada nori, bisa menggunakan biji wijen hitam sebagai pengganti.
  5. Lubangi sedikit bagian hidung dengan menggunakan tusuk gigi.
  6. Selipkan biji ketumbar atau biji lada hitam sebagai hidung.
  7. Potonglah 2 cm ujung daun bawang, lalu tusuk pada pagian belakang Mouse dengan menggunakan tusuk gigi sebagai ekor.
Belajar Membuat Kyaraben

belajar membuat Kyaraben

Karakter Mouse telah siap menghiasi Bentou dalam kotak makan. Jangan lupa juga untuk menambahkan makanan pelengkap lainnya demi memenuhi gizi yang seimbang.

Membuat Hiasan Bentou dengan Teknik Edible Art

Belajar Membuat Kyaraben

belajar membuat Kyaraben

Belajar Membuat Kyaraben

belajar membuat Kyaraben

Untuk menambah kesan indah, biasanya Kyaraben disajikan dengan sayur atau buah berkarakter seperti bunga, daun dan lain-lain. Cara membuatnya, selain dengan menggunakan pisau karakter juga bisa dibuat dengan menggunakan teknik Edible Art loh.

Demikianlah ulasan seputar belajar membuat Kyaraben / cara mengkrasikan Bentou berkarakter. Semoga artikel ini bermanfaat dalam menambah wawasan. Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

Info Event Kuliner Tensai

Pada hari Sabtu (28/07/2018)  mendatang, Tensai akan mengadakan kelas membuat Bentou loh minna san, Tensai juga akan mengundang orang Jepang sebagai bintang tamunya nanti. Ditunggu kehadirannya ya minna san, silakan follow akun Instagram Tensai @kursusjepangkarawang untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Ulasan seputar cara membuat dan mengkreasikan Bentou selengkapnya akan dijelaskan selama acara berlangsung. Selain bisa membuat dan memakan Bentou, kita juga bisa mendapatkan ilmu dan wawasan dari orang Jepangnya langsung loh minna san.

Akan ada reward juga di akhir acara untuk dua kategori. Sampai jumpa di hari Sabtu ya…

, ,