5+ Tips Belajar Bahasa Jepang Sehari-hari Untuk Pemula

Belajar Kosa Kata Bahasa Jepang Untuk Sehari-hari
February 3, 2023
「テンサイは 西ジャワ 州カラワンにおいて日本人 と 外国人向けインドネシア語コースのセンター」
February 17, 2023
Belajar Kosa Kata Bahasa Jepang Untuk Sehari-hari
February 3, 2023
「テンサイは 西ジャワ 州カラワンにおいて日本人 と 外国人向けインドネシア語コースのセンター」
February 17, 2023

Bagi Anda pemula yang tertarik untuk belajar bahasa Jepang, mungkin terkadang cukup mengalami kesulitan saat mempelajarinya. Berikut terdapat beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam belajar bahasa Jepang sehari-hari untuk pemula di bawa ini.

1. Kuasai Huruf Jepang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat mulai mempelajari bahasa Jepang adalah mengenal dan menguasai 3 (tiga) jenis huruf yang digunakan dalam bahasa Jepang, yaitu hiragana, katakana, dan kanji.

A. huruf Hiragana

Hiragana adalah huruf pertama yang harus dikuasai oleh semua pemula bahasa Jepang. Karakter hiragana sendiri terdiri dari 46 simbol fonetis yang masing-masing mewakili satu suku kata. Karena setiap huruf hanya memiliki satu ejaan, hiragana cukup mudah dipelajari.

B. Katakana

Katakana adalah huruf Jepang yang digunakan dalam kosa kata bahasa Jepang yang berasal dari bahasa asing lainnya, termasuk berbagai istilah teknis, nama tumbuhan dan hewan.

C. Kanji

Menguasai kanji mungkin merupakan salah satu bagian tersulit dalam belajar bahasa Jepang. Namun, dengan mempelajari kanji membantu Anda untuk memahami, berbicara, dan menulis bahasa Jepang. Berbeda dengan hiragana dan katakana yang merupakan simbol fonetik, kanji yang diadaptasi dari aksara Tionghoa merupakan ideogram yang menjelaskan arti dari setiap simbol.

2. Ketahui dasar-dasar tata bahasa Jepang

Langkah belajar bahasa Jepang sehari-hari untuk pemula selanjutnya adalah mempelajari dasar-dasar tata bahasa Jepang, yang sangat berbeda dengan tata bahasa lain yang kita kenal seperti Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Ada beberapa bentuk kalimat dalam bahasa Jepang yang perlu Anda ketahui. 

Selain itu, penting juga untuk mengetahui sistem penulisan bahasa Jepang yang dimulai dari kanan ke kiri dan dari atas ke bawah. Mengetahui tata bahasa Jepang dasar sangat berguna untuk membantu pemula memahami bahasa Jepang dengan lebih cepat.

3. Pelajari Kalimat Penting Bahasa Jepang

Mengetahui frasa dasar yang umum digunakan dalam percakapan juga merupakan salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengenal berbagai frasa bahasa Jepang dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. 

4. Menonton anime

Menonton anime menjadi cara lain yang bisa Anda lakukan sebagai cara belajar bahasa Jepang dengan cepat namun tidak membosankan. Melalui anime, Anda bisa mempelajari banyak kata baru dalam bahasa Jepang dan meningkatkan kemampuan mendengar dalam bahasa Jepang.

5. Baca manga

Ingin belajar bahasa Jepang sehari-hari yang menyenangkan? Mulailah membaca berbagai manga atau kartun Jepang yang tersedia dalam bahasa aslinya untuk membiasakan membaca huruf Jepang serta berbagai ungkapan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Gambar-gambar dalam manga juga membantu pembaca memahami konteks dan makna setiap kalimat dengan lebih cepat.

6. Buat Jadwal Belajar secara Rutin

Salah satu kunci terpenting untuk belajar bahasa Jepang sehari-hari untuk pemula adalah konsistensi dalam belajar. Dengan meluangkan waktu untuk belajar dan berlatih bahasa Jepang minimal 15 menit setiap hari, Anda dapat dengan cepat meningkatkan kemampuan bahasa Jepang Anda.

Vokasi Bahasa Jepang

Kami sedang mempersiapkan Perguruan Tinggi program Vokasi bahasa Jepang pada tahun 2023. Untuk mendapatkan harga spesial, silahkan mengisi kuesioner pendataan awal peserta program D1/D2 pada link di bawah ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.