Go to Top

All About Fukuoka Japan

Yuk kita ketahui All About Fukuoka Japan. Fukuoka [福岡] merupakan kota yang terletak di pesisir utara pulau Kyushu [九州] Jepang dan berseberangan dengan Selat Korea dari kota Busan di Korea Selatan. Fukuoka telah lama berperan sebagai penghubung Jepang dengan negara lainnya. Yang menarik dari Prefektur Fukuoka ini yaitu letaknya yang lebih dekat dengan kota Seoul (Korea Selatan) daripada kota Tokyo (Jepang). Selain itu Fukuoka juga menjadi pintu masuk ajaran agama Budha di Jepang selama berabad-abad lebih. Fukuoka merupakan kota terpadat dan pada 1 April 1972 kota Fukuoka dijuluki sebagai kota terbesar.

Kota ini memiliki luas sebesar 340,03 km dan berpenduduk sekitar 5.088.489 jiwa dengan kepadatan penduduknya sekitar 18.061 jiwa /km. Prefektur ini menduduki peringkat ke 9 dari 47 prefektur dengan penduduk terpadat di Jepang dan juga merupakan pusat ekonomi dan kebudayaan yang ada di pulau Kyushu.

All About Fukuoka Japan

Jika Anda ingin pergi ke Fukuoka dengan menggunakan pesawat terbang, Anda tak perlu khawatir agar bisa secepatnya menuju pusat kota, karena bandar udara Fukuoka merupakan bandara terpraktis di Jepang. Itu karena letaknya tidak jauh dari pusat kota. Hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk mencapainya dari stasiun Hakata.

Adapun Rute penerbangan dari Tokyo ke Fukuoka bisa disebut sebagai rute penerbangan paling sibuk nomor 3 di dunia. Ada belasan penerbangan tiap harinya. Sedangkan lama penerbangan yang ditempuh dari kota Tokyo ke kota Fukuoka ataupun sebaliknya adalah berkisar 110 menit atau hampir 2 jam. Maskapai yang beroperasi di rute ini adalah JAL, ANA, Starflyer dan Skymark. Apabila berangkat dari Osaka [大阪] menuju Fukuoka menggunakan maskapai Peach Da Jaster, lama penerbangan yang akan ditempuh yaitu hanya 75 menit. Berapa tarifnya? Tarif berkisar antara 5000¥ – 15.000¥.

Fukuoka termasuk kota yang beriklim subtropis lembab dengan musim panas yang panas dan musim dingin yang cukup lumayan dingin dengan sedikit salju. Pada bulan Juni sampai September intesitas hujan cukup signifikan, rata-rata temperatur tahunan Prefektur ini terbilang hangat yakni 16,3° Celcius. Pada musim dingin di Fukuoka sangat jarang terjadi penurunan suhu lebih dari 0° Celcius.

All About Fukuoka Japan

Fukuoka terbagi menjadi 7 distrik yaitu :

  1. Higashi-ku [東区]
  2. Hakata-ku [博多区]
  3. Chuuoka-ku [中央区]
  4. Minami-ku [南区]
  5. Nishi-ku [西区]
  6. Jounan-ku [城南区]
  7. Sawara-ku [早良区]

Fukuoka memiliki banyak sekali tempat wisata populer diantaranya :

Canal City Hakata

Daerah kanal buatan dimana terdapat deretan hotel, bioskop, toko-toko, restoran dan beberapa showrooms. Anda tidak akan pernah bosan berkeliling kota ini karena selain Anda bisa menikmati pertunjukan air mancur, Anda juga dapat berbelanja dan berwisata sekaligus mencoba berbagai macam kuliner. Canal City Hakata merupakan tempat favorit para turis asing di Fukuoka.

Daizufu Tenmangu

Sebuah kuil, dimana kuil ini didedikasikan untuk Sagawara Michizane yang merupakan dewa simbol pengajaran. Kuil ini selalu ramai setiap tahunnya karena sering dikunjungi oleh mereka yang ingin lulus ujian dan ingin mencapai prestasi pendidikan.

Hakata History Museum

Museum ini menyimpan banyak sejarah tentang festival Hakata Gion Yamakasa, ketika Anda mengunjungi ruang pameran kuil Kushida di Hakata. Anda dapat melihat kerajinan boneka Hakata yang merupakan pengembangan ulang dari kesenian kuno Yamakasa.

Kyushu National Museum

Merupakan museum terbesar ke-4 di Jepang. Konsep dari museum ini adalah agar masyarakat umum dapat menangkap informasi tentang kebudayaan Jepang yang dilihat dari persepsi sejarah Asia. Museum ini juga memperlihatkan hubungan Jepang dengan negara-negara Asia lainnya.

Marina City Fukuoka

Outlet mall paling besar yang ada di Kyushu. Mall ini memiliki bianglala yang besar dan toko-toko yang besar pula, lebih dari 169 toko dibuka untuk pertama kalinya disini.

Marine World

Aquarium indah yang berbentuk kerang ini merupakan rumah sekaligus habitat bagi lebih dari 20.000 mahkluk laut dari 450 species. Anda juga dapat melihat langsung para penyelam memberikan makan ke lebih dari 25 jenis ikan termasuk ikan hiu. Selain itu Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan lumba-lumba dan singa laut di sebuah teater laut yang yang berada di dekat Teluk Hakata.

Momochi Seaside Park

Taman dengan pantai buatan yang terletak sebelah utara dari menara Fukuoka. Lokasi ini juga dekat dengan perpustakaan umum kota, museum dan Dome Yafuoka. Pantai ini cocok sekali bagi Anda yang ingin melakukan voli pantai, sepakbola, dan jet ski dan pada malam hari cahaya- cahaya yang dipancarkan oleh lampu yang ada di sekitar pantai akan terpantul dengan indah di laut

Nakoto Island

Objek wisata yang populer bagi orang-orang Fukuoka Japan karena aksesnya yang sangat mudah di jangkau. Berada di Teluk Hakata dan pulau ini hanya sebesar 12 km. Pulau yang memiliki taman Pulau Nokomo ini mempunyai beragam koleksi tanaman dan bunga yang indah bermekaran sesuai musim seperti plum dan dafodil saat musim dingin, brokoli saat musim semi, bunga kosmos saat musim gugur, dll.

Nakasu

Area perbelanjaan yang memiliki berbagai macam jajanan jalanan seperti oden, yakitori, gyoza, dll.

 Fukuoka Dome

Stadion bisbol di Seaside Miomochi, Chuo-Ku Fukuoka. Lokasinya terletak di dalam kawasan perbelanjaan dan merupakan tempat olahraga hawks town. Stadion ini adalah stadion bisbol terluas di Jepang dan dapat menjadi lapangan arena sepak bola Amerika, konser musik dan arena pameran.

Demikianlah sekelumit persembahan dari Tensai, lembaga kursus bahasa Jepang tentang All About Fukuoka Japan.

#Yukirin48

, , , , ,