Pantai di Jepang untuk Libur Musim Panas
8 Pantai di Jepang untuk Libur Musim Panas yang Seru dan Mengasyikan
August 22, 2019
Menyambut Datangnya Musim Semi di Jepang, Melalui Perayaan Hanami
February 28, 2020

Yuk Mengintip Tradisi Unik Musim Dingin di Jepang. Tidak seperti di Indonesia yang hanya memiliki 2 musim saja, yaitu Musim Hujan dan Musim Kemarau. Di Jepang, terdapat 4 musim yaitu Musim Semi (春; Haru), Musim Panas (夏; Natsu), Musim Gugur (秋; Aki), dan Musim Dingin (冬; Fuyu). Berhubung sekarang sudah memasuki bulan Januari, maka saat ini di Jepang sedang mengalami Musim Dingin yang biasanya terjadi pada periode bulan Desember-Februari setiap tahunnya. Nah, penasaran kan kira-kira apa saja sih tradisi atau hal unik yang terjadi di Jepang saat Musim Dingin seperti sekarang? Yuk kita intip ulasan.

Saat Musim Dingin seperti saat ini di Jepang, temperatur rata-ratanya bisa mencapai suhu terendah hingga 5 sampai 8 derajat celcius. Bahkan, untuk sebagian wilayah di utara Jepang seperti Pulau Hokkaido, sering terjadi peningkatan suhu ekstrim saat Musim Dingin, hingga menyebabkan terjadinya Badai Salju. Hal itu lantaran wilayah tersebut berdekatan dengan pesisir laut yang mengakibatkan angin dingin berhembus lebih kencang dari kota-kota lainnya di Jepang. Kecepatan angin yang berhembus mencapai 22 m/s dan salju pun bisa menumpuk hingga setebal 30 sampai 60 cm.

Perlengkapan yang Dibutuhkan Saat Musim Dingin

Hembusan hawa dingin dan turunnya salju di beberapa daerah saat periode Musim Dingin, membuat suhu di Jepang terasa sangat dingin bagi masyarakat yang ingin melakukan aktivitas di luar ruangan. Maka dari itu, dibutuhkannya beberapa perlengkapan untuk menunjang aktivitas masyarakat di Musim Dingin sehari-harinya. Berikut adalah beberapa perlengkapan yang perlu dipersiapkan saat Musim Dingin tiba.

Baju Tebal (Sweater, Jaket, Syal)

Saat hawa dingin menerpa tubuh kita saat beraktivitas diluar rumah, pasti pemilihan pakaian yang dipakai sangat diperhatikan menyesuaikan kondisi cuaca. Tak heran bila orang-orang, utamanya di Jepang saat Musim Dingin tiba memakai baju yang berlapis-lapis tebalnya agar tidak merasa menggigil kedinginan. Biasanya jaket yang nyaman dipakai di Musim Dingin itu berbahan parasut dan anti air (waterproof). Jangan lupa juga untuk mengikat syal di leher agar tubuh terasa lebih hangat lagi dan memastikan area sekitar wajah benar-benar tidak dingin membeku.

Masker / Lotion, dan Pelembab Bibir (Lip Balm)

Agar muka kita tidak membeku kedinginan diterpa angin Musim Dingin, sangat disarankan untuk selalu memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan. Bagi yang tidak ingin wajahnya tertutup masker, pemakaian Lotion juga bisa menjadi solusi yang cukup membantu wajah kita tetap lembab. Selain itu, supaya mencegah bibir kita agar tidak kering dan pecah-pecah, maka pentingnya penggunaan Lip Balm

Sarung Tangan Layar Sentuh

Beraktivitas diluar ruangan juga tidak melupakan kegiatan berkomunikasi dengan orang-orang terdekat, salah satunya melalui gadget smartphone. Maka, penggunaan sarung tangan sangat berguna untuk menembus udara dingin diluar sekaligus tetap bisa mengerjakan aktivitas sederhana seperti mengecek smartphone. Sarung tangan yang dipilih juga haruslah yang dirancang khusus dipakai saat Musim Dingin dan bisa digunakan untuk lancar mengetik di layar smartphone.

Obat-obatan Penghangat

Satu lagi keperluan yang tidak kalah penting dibawa saat ingin beraktivitas di luar ruangan saat Musim Dingin tiba. Pastikan untuk selalu membawa obat-obatan yang bisa menghangatkan tubuh dari dalam. Bawa obat yang memiliki kemasan sachet praktis agar bisa dibawa dan diminum kapanpun dimanapun.

Hokkairo / Heat Pack

Hokkairo atau Heat Pack adalah penghangat tubuh dan area sekitar tangan yang berisi jel yang elastis. Hokkairo berbentuk tipis dan mini seperti koyo. Punya beragam jenis ada yang bisa ditempel ke badan seperti layaknya koyo dan tidak. Heat pack sangat cocok dipakai untuk kalian yang ingin berkunjung ke negara dengan cuaca dingin seperti Jepang. Selain bentuknya yang simple dan mudah dipakai, bentuk Heat pack juga sangat fleksibel mengikuti alur tubuh yang ingin ditempel.

Fakta Unik Saat Musim Dingin di Jepang

Jepang terkenal dengan negara yang banyak terdapat beragam jenis festival atau perayaan yang unik untuk diikuti. Biasanya festival di Jepang hanya diadakan di musim-musim tertentu saja, seperti Musim Dingin. Maka dari itu, setiap kali perayaan festival pasti sangat menarik perhatian baik itu warga lokal maupun wisatawan mancanegara yang hadir di perayaan tersebut. Nah, penasaran kan kira-kira ada festival apa saja yang unik di Jepang saat Musim Dingin seperti sekarang ini nih? Yuk kita intip info-info seputar hal-hal unik yang biasa dilakukan masyarakat Jepang saat Musim Dingin tiba.

Setsubun, Upacara Pengusir Setan di Jepang

Setsubun merupakan ritual untuk mengusir nasib buruk dan membawa keberuntungan, atau biasa disebut dengan ritual pengusiran setan. Ritual ini biasa diadakan setiap tanggal 3 Februari di Jepang saat Musim Dingin. Di acara festival ini nantinya akan ada orang-orang yang memakai kostum layaknya seperti setan dan mereka akan dilempari kacang kedelai sambil mengucapkan beberapa kalimat berbunyi, “Fuku wa uchi, oni wa soto” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Nasib baik masuklah, roh jahat keluarlah”.

Yukitsuri, Tradisi Unik Menjaga Pohon Saat Musim Dingin

Saat tiba Musim Dingin di Jepang, nampak sebagian pohon berbentuk kerucut layaknya ditutupi mahkota atau topi. Tujuannya untuk menjaga pohon kelebihan beban saat dihujani salju yang turun di Musim Dingin. Pohon akan dikelilingi oleh beberapa utas tali yang terhubung ke sebuah tiang bambu panjang pada pusatnya, dan disatukan ujungnya hingga membentuk seperti kerucut. Pada bagian dari masing-masing ujung tali diikat ke bagian batang pohon yang akan ditutupi. Di beberapa tempat bahkan, tiap-tiap pohon yang dipasangi Yukitsuri akan disorot oleh warna-warni lampu hias dibawahnya, sehingga nampak indah saat malam tiba. Diperkirakan, Yukitsuri sudah dilakukan oleh masyarakat Jepang, khususnya di wiliayah Honshu Utara sejak era Edo.

Aomori, Daerah Paling Bersalju di Jepang

Biasanya, kita hanya mengenal daerah Hokkaido di Sapporo yang terkenal dengan suhu dinginnya di Jepang. Ciri khas dari negara yang memiliki Musim Dingin adalah turunnya salju. Nah, tau gak sih sebenarnya daerah yang paling banyak diselimuti salju di Jepang saat Musim Dingin itu bukan Hokkaido lho, tapi sebuah kota di daerah Honshu Utara, yaitu Aomori. Kota ini juga dianggap sebagai salah satu kota paling bersalju di muka bumi.

Hampir setiap tahunnya, di kota ini terjadi badai salju yang dahsyat. Salju yang menumpuk bisa hampir setinggi 6 meter. Sekitar 300 ribu masyarakatnya harus bertahan hidup dengan cuaca ekstrim di kota ini. Aomori biasanya tertutup salju pada periode bulan November sampai April.

Beberapa Festival Unik Saat Musim Dingin di Jepang

Pada periode bulan November sampai awal Maret, ada festival atau perayaan unik yang terkenal di Prefektur Aichi. Nama festival itu adalah Okumikawa Hana Matsuri yang telah berlangsung lebih dari 700 tahun yang lalu disana. Festival ini diisi oleh tarian dengan topeng Shimotsuki Kagura yang diselenggarakan di wilayah desa-desa atau kota-kota sekitar pegunungan Okumikawa. Terdapat juga ritual yang dilakukan sepanjang malam dengan merebus air dan penampilan raksasa-raksasa Oni (Iblis) dan makhluk-makhluk mitos seperti Singa Shishi.

Di pertengahan bulan Januari, tepatnya pada tanggal 14 dan 15 Januari di Desa Niino, Distrik Shimoina, Nagano terdapat sebuah tradisi rakyat yakni event festival salju yang bernama Niino no Yuki Matsuri. Terdapat pertunjukan bernama Onobori yang diisi banyak drama dan tari-tarian topeng tentang dewa-dewa oleh penduduk lokal. Sepanjang malam, sebanyak 16 jenis pertunjukan seni dipertontonkan oleh penduduk lokal disana kepada pengunjung yang hadir. Festival ini berlangsung di Kuil Suwa sampai Kuil Izu setiap datang senja tanggal 14 Januari tiap tahunnya.

Lalu, pada awal bulan Februari, tepatnya tanggal 1-12 Februari di wilayah Sapporo, Hokkaido biasanya diadakan Festival Salju Sapporo. Berbagai macam patung-patung salju yang terbuat dari pahatan es menghiasi Taman Odori, Tsudome, dan Susukino sambil diiringi pertunjukkan musik yang indah. Terdapat juga sajian lokal dari bermacam kuliner khas dari penjuru Hokkaido yang dijajakan selama berlangsungnya acara festival.

Kuliner Hangat Khas Jepang di Musim Dingin

Saat Musim Dingin, tubuh sangat membutuhkan sesuatu untuk menghangatkan, salah satunya yaitu makanan. Selain ramennya yang terkenal, ternyata Jepang juga memiliki beberapa makanan khasnya yang biasa disantap saat Musim Dingin tiba. Yuk, kita ulas masing-masing.

Yang pertama ada Yosenabe, makanan ini berisi daging, makanan laut, sayuran, tofu, dan telur yang disajikan hangat diatas hot pot (panci). Yosenabe memiliki kaldu miso atau kedelai yang sangat lezat disantap kala udara dingin di Jepang saat Musim Dingin.

Selanjutnya, ada Mizutaki yang terdiri dari beberapa sayuran seperti kol, jamur, dan kacang polong. Lalu dilengkapi dengan ikan atau daging yang dimasak menggunakan kaldu hangat yang super lezat rasanya. Sama seperti Yosenabe, Mizutaki juga disajikan di dalam hot pot (panci).

Salah satu makanan khas Jepang yang terkenal selain Ramen adalah Oden. Makanan hangat ini biasanya berisi telur, tahu, konyaku, lobak, dan chikuwa yang dimasak bersama kaldu khusus dengan bahan dasar kecap.

Terakhir, ada makanan berbahan dasar ubi ungu bakar yang biasanya banyak dijual di pinggir jalan selama Musim Dingin di Jepang, namanya Yakiimo. Makanan ubi ini dibalut dengan kertas pembungkus atau aluminium foil untuk menjaga agar tetap hangat saat dimakan. Sensasi hangat yang menyelimuti telapak tangan saat memakan hidangan Yakiimo, bisa menjadi daya tarik untuk membeli hidangan khas ini saat hawa dingin menerpa tubuh.

Gimana nih, pasti tertarik banget dong untuk berkunjung langsung ke Negeri Sakura Jepang untuk merasakan indahnya salju dan festival unik saat Musim Dingin disana? Selain itu, makanan khas saat Musim Dingin disana juga nampak lezat dan enak ya. Pastinya kita sangat memerlukan dana yang cukup serta persiapan yang matang. Salah satu persiapan yang bisa kalian siapkan yaitu dengan mulai belajar berbahasa Jepang agar lancar dan fasih berkomunikasi langsung dengan orang Jepang saat berkunjung kesana. Kalian pasti gak mau dong kunjungan kalian ke Jepang hanya sekedar berkeliling tanpa merasakan hangatnya mengobrol langsung dengan orang Jepang disana.

Nah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin sebagai salah satu Lembaga Kursus dan Pelatihan Bahasa Jepang terpercaya no. 1 di Karawang akan membuka kelas baru nih. Jadwalnya di hari Senin dan Rabu malam pukul 19.30-21.00 WIB, yang akan dimulai tanggal 22 Januari 2020 dan berlokasi di Galuh Mas Karawang.

Selain itu, Tensai menyediakan jasa penerjemah Bahasa Indonesia-Jepang bersertifikasi juga lho. Tensai juga bekerjasama dengan lebih dari 80 perusahaan di wilayah Karawang dan sekitarnya. Bagi kalian yang penasaran dan butuh jasa cepat penerjemah dari Tensai bisa datang langsung ke kantor Tensai Nihongo Bunka Gakuin di Ruko Emporium, Jl. Galuh Mas Raya No.5, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?