Go to Top

Sejarah Cosplay Jepang di Indonesia

Buat kamu-kamu yang maniak bergaya harajuku dan maniak terhadap komik asal Jepang, pasti sudah sering melihat dandanan ala Cosplay / Costum Play. Cosplay peminatnya tidak hanya di Jepang lho, di Indonesia juga sudah banyak penggemar cosplay mulai dari anak kecil hingga dewasa. Tapi sudah pada tahu nggak sih arti dan sejarah cosplay itu sendiri?

Tentang Cosplay

Cosplay (コスプレ Kosupure) adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata “costume” (kostum) dan “play” (bermain). Jadi Cosplay adalah hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, manhwa, dongeng, permainan video, penyanyi dan musisi idola, dan film kartun. Pelaku cosplay biasa disebut cosplayer. Di Jepang, sering diadakan perkumpulan cosplay sesama penggemar (dōjin circle), seperti Comic Market, atau menghadiri konser dari grup musik yang bergenre visual kei. Penggemar cosplay sudah tersebar di seluruh penjuru dunia, yaitu Amerika, RRC, Eropa, Filipina, maupun Indonesia.
Contoh-Gambar-Pemeran-Cosplay-1
Pada umumnya cosplay bermacam-macam. Ada apa ajah yah macam-macam cosplay? Salah satu yang sering dijumpai adalah Cosplay anime/manga. Cosplay yang berasal dari anime maupun manga. Biasanya manhwa termasuk didalamnya termasuk comic dari Amerika. Ada juga Cosplay Game. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di Game.Cosplay Tokusatsu. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter di film tokusatsu. Cosplay Gothic. Cosplay yang berasal atau mengambil dari karakter bernuansa gelap atau Gothic. Biasanya digabung dengan Lolita. Cosplay Original. Cosplay yang benar-benar original tidak ada di anime, tokusatsu dan lainnya. Atau memiliki dasar yang sama seperti tokoh game Kingdom heart misalnya: Sora (Kingdom Heart) tetapi berbentuk metalic (modern)

Sejarah cosplay di Indonesia

Gimana sih cosplay bisa marak di Indonesia ?? Pada awalnya cosplay tidak begitu banyak di kenal di Indonesia. Pada awal 2000-an, beberapa event seperti Gelar Jepang UI mengadakan Event Cosplay. Beranjak dari Event Jepang, beberapa pemuda-pemudi (kebanyakan pemudi) di Bandung memperkenalkan gaya Harajuku dan hadirnya cosplayer pertama yang bukan merupakan EO saat itu. Berlanjut hingga sekarang, hampir tiap bulannya selalu ada event cosplay di Jakarta, dan di kota-kota besar di Indonesia. Dalam acara festival kebudayaan Jepang yang diadakan di Indonesia juga banyak yang mengadakan lomba cosplay.

Lomab Cosplay di Tensai Karawang

Nah, di bulan Mei tanggal 18, Tensai punya acara lho, salah satunya ada perlombaan cosplay. Jadii, buat kamu-kamu yang ngaku sebagai penggemar dan yang suka banget dengan cosplay, yuk segera daftarkan dirikamu ke Tensai Galuh Mas ataupun Tensai Karangpawitan untuk mengikuti lomba cosplay di Tensai. Banyak hadiah menarik lainnya. Jadi jangan sampai dilewatkan yaaah.

Demikianlah sedikit pengetahuan seputar Sejarah Cosplay Jepang di Indonesia.

, ,