Go to Top

Once You Stop Learning, You Start Dying

Alkisah, saat saya mudik beberapa waktu lalu, ngga sengaja saya dengar percakapan tentang kondisi hidup dua orang yang sepertinya dirasa semakin sulit, yang satu sulit mencari pekerjaan dan yang lainnya kesulitan menjaga omset bisnis yang semakin surut.

Usaha sepi, karena banyak saingan dan banyak hal yang disampaikan untuk mencari pembelaan terhadap semua takdir buruk yang menimpa dirinya. Intinya : dengan mudah menyalahkan orang lain dan keadaan.

Rasanya seperti tamparan telak, ingat masa lalu diri sendiri, kurang lebih seperti itu seseringnya, merespon keadaan yang tidak sesuai harapan.

Tidakkah lebih baik, jika mulai dari sekarang kita coba introspeksi diri. Seberapa besar usaha yang telah dilakukan untuk bisa memenangkan berbagai persaingan ? Apa yang telah dilakukan untuk mengetahui seberapa besar keunggulan pesaing dan apa saja kelemahannya ? Kalau hanya duduk manis sambil ngopi-ngopi saja, pasrah menerima takdir buruk lalu dengan mudah menyalahkan kenyataan, rasanya ko’ kurang bijak yach.

Bukankah tidak ada yang tiba-tiba sukses atau sebaliknya …. Semua berproses. Dan untuk apa pun tanpa terkecuali, keterkaitan “proses menuju sukses” dengan “belajar” sangat-sangat erat.

Mungkin pernyataan bijak dari seorang terkenal berikut ini tidak berlebih-lebihan dan perlu kita camkan :

” Once You Stop Learning, You Start Dying”.

Tetap semangat menjadi manusia pembelajar di Tensai !!!(Wa : 089611574857/082110123577)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.