Go to Top

Mempelajari Lebih Dalam Cara Menulis Penanggalan Kalender Jepang

Mempelajari Lebih Dalam Cara Menulis Penanggalan Kalender Jepang

Yuk mempelajari lebih dalam cara menulis penanggalan kalender Jepang. Nama-nama bulan pada bahasa Jepang tidak jauh berbeda dari bahasa Indonesia, yakni terdiri atas 12 bulan. Namun, penanggalan dalam bahasa Jepang mempunyai sejumlah perbedaan. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Nama-nama bulan dalam kalender Jepang

Dalam bahasa Jepang, nama bulan disebut dengan getsu atau gatsu. Hal tersebut disebabkan para tetua di Negeri Sakura sering kali menyebutkan bulan berdasarkan angka yang mengikutinya. Contohnya, Juni yang berada di urutan enam yang lalu diterjemahkan menjadi roku gatsu (roku berarti enam; gatsu berarti bulan). Singkatnya, formula penamaan dalam bahasa Jepang adalah bilangan + gatsu.

Cara menulis penanggalan kalender Jepang

Berikut ini ada daftar nama bulan dalam bahasa Jepang yang ditulis dengan hiragana, romaji, dan kanji. Kemudian diikuti nama-nama bulan sesuai kalender Lunar masyarakat Jepang.

  • Januari: いちがつ / ichigatsu / 一月 / Mutsuki / 睦月;
  • Februari: にがつ / nigatsu / 二月 / Kisaragi / 如月;
  • Maret: さんがつ / sangatsu / 三月 / Yayoi / 弥生;
  • April: しがつ / shigatsu / 四月 / Uzuki / 卯月;
  • Mei: ごがつ / gogatsu / 五月 / Satsuki / 皐月;
  • Juni: ろくがつ / rokugatsu / 六月 / Minazuki / 水無月;
  • Juli: しちがつ / sihigatsu / 七月 / Fumizuki / 文月;
  • Agustus: はちがつ / hachigatsu / 八月 / Hazuki / 葉月;
  • September: くがつ / kugatsu / 九月 / Nagatsuki / 長月;
  • Oktober: じゅうがつ / jyuugatsu / 九月 / Kannazuki / 神無月;
  • November: じゅういちがつ / jyuuichigatsu / 十一月 / Shimotsuki / 霜月;
  • Desember: じゅうにがつ / jyuunigatsu / 十二月 / Shiwasu / 師走.

Dalam cara menulis penanggalan kalender Jepang, nama-nama bulan dalam kalender Lunar Jepang atau Inreki (陰歴) sampai sekarang masih digunakan dalam lingkup dunia sastra dan dikenal oleh sebagian besar masyarakat Jepang. Selain itu, berdasarkan cerita penamaan bulan dalam Inreki, Oktober atau Kannazuki secara harfiah berarti bulan tidak adanya dewa. Konon pada bulan ini, dewa-dewi akan berkumpul di kuil Izumo Taisha yang berlokasi di Perfektur Shimane. Kemudian, Desember atau Shiwasu bila diterjemahkan langsung berarti guru berlari, karena di akhir tahun, para guru pun akan sibuk berlari untuk menyambut malam pergantian tahun.

Sistem penanggalan dalam bahasa Jepang

Penanggalan dalam bahasa Jepang ditulis dengan urutan 1) tahun 2) bulan 3) hari. Sebagai contoh, 11 April 2017 akan ditulis menjadi 2017411. Penulisan angka pada tanggal dan bulan dapat memakai kanji maupun latin. Sedangkan untuk pengetikan tanggal dengan komputer bisa menggunakan karakter penuh (全角 / zenkaku) maupun karakter setengah (半角 / hankaku). Penerapan sistem penulisan tanggal dan bulan ini kembali lagi pada kebutuhan kita saat mempelajari bahasa Jepang.

Demikian informasi seputar nama bulan dan sistem penanggalan dalam bahasa Jepang. Semoga artikel cara menulis penanggalan kalender Jepang ini dapat bermanfaat dan membantu proses pemahamannya, ya!

,