Go to Top

Golden Week Libur Nasional Ala Jepang

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Golden Week. Bagi yang sudah pernah ke Jepang atau pun pernah belajar bahasa Jepang, pasti sudah tau dong?

Bagi Anda yang belum tau dan penasaran dengan Golden week, gak usah minder deh! Karena Tensai bakal mengupas hal-hal yang berkaitan erat dengan budaya Jepang. Makanya simak ulasan selengkapnya berikut ini yang sudah Tensai siapkan untuk Anda yang ingin mengenal Jepang lebih dalam. 😀

Golden Week (ゴールデン ウィーク) atau yang biasa disebut dengan minggu emas, merupakan pekan hari libur nasional di Jepang. Golden Week dimulai dari tanggal 29 April sampai tanggal 5 Mei. Beberapa perusahaan di Jepang kadang-kadang memberikan libur selama waktu tersebut kepada karyawannya.

Golden Week Libur Nasional Ala Jepang

Golden Week Libur Nasional Ala Jepang

Istilah golden week muncul pertama kali setelah pemerintah Jepang menetapkan Undang-undang hari libur nasional di tahun 1948. Adapun hari libur yang termasuk dalam pekan liburan emas ini antara lain:

  • Tanggal 29 April adalah Hari Showa (yaitu memperingati hari lahirnya Kaisar Showa di Jepang)
  • Tanggal 1 Mei memperingati Hari Buruh sedunia, meskipun di Jepang tanggal ini tidak masuk dalam kalender libur nasional
  • Tanggal 3 Mei diperingati sebagai Hari Konstitusi atau peringatan Undang-undang Dasar (kenpou kinen bi)
  • Tanggal 4 Mei adalah Hari Lingkungan Hidup disebut juga dengan Hari Hijau (midori no hi). Sebelumnya tanggal 4 Mei merupakan hari libur nasional rakyat (kokumin no kyuujitsu) karena termasuk hari ‘kejepit’ diantara dua hari libur yaitu tanggal 3 & 5 Mei.
  • Tanggal 5 Mei diperingati sebagai Hari Anak (kodomo no hi), terutama untuk anak laki-laki. Sedangkan untuk peringatan hari anak perempuan, jatuh setiap tanggal 3 Maret.

Biasanya dalam kesempatan Golden Week ini, orang Jepang akan memanfaatkan waktu liburan panjang tersebut dengan mengunjungi beberapa tempat wisata bersama keluarga, sahabat, ataupun rekan kerja. Mereka akan melakukan travelling ke tempat populer yang terdapat di prefektur lainnya di Jepang, bahkan travelling hingga ke negara tetangga seperti Korea.

Umumnya mereka akan mendatangi ke tempat pemandian air panas (onsen) dengan suasana di tempat terbuka, berendam dan berelaksasi sambil menikmati keindahan alami Jepang. Ada juga yang mendatangi ke beberapa event atau festival yang sengaja digelar pada waktu liburan panjang tersebut, misalnya seperti Spring Grand Festival yang diadakan di Meiji Shrine, Tokyo. Selain itu, mereka juga mengunjungi ke taman atau kebun binatang. Salah satu tempat favorit bagi orang Jepang saat Golden Week yang tak boleh terlewatkan yaitu Awaji Akashi Kaikyo National Park yang terdapat di Pulau Awaji, sekitar 2 jam dari kota Sanda (Hyogo). Di sini orang-orang akan memanjakan mata mereka dengan pesona dan keharuman bunga berwarna-warni yang sangat cantik.

Golden Week Libur Nasional Ala Jepang

Ada pula yang berlibur ke pantai, nonton film di bioskop, nongkrong di cafe atau resto unik, dan kegiatan menerik lainnya. Intinya, orang Jepang akan memanfaatkan waktu liburan panjang pada waktu tersebut sebaik mungkin dengan travelling dan refreshing, setelah sibuk berkutat dengan rutinitas pekerjaan dan kejenuhan mereka. Sehingga selepas liburan berakhir, diharapkan mereka akan merasa lebih semangat untuk bekerja kembali.

Nah, pada tahun 2016 di awal bulan Mei ini, kebetulan di Indonesia juga memperingati dua hari libur nasional lho! Tepatnya jatuh di tanggal 5 & 6 Mei besok yang merupakan ‘tanggal merah’ libur nasional, dan digabung dengan  libur weekend (sabtu-minggu) sehingga menjadi libur panjang juga. Orang-orang di seluruh pelosok Tanah Air pun akan liburan panjang seperti orang Jepang dengan golden week-nya. Meskipun liburan panjang di awal bulan Mei ini tidak terjadi di setiap tahunnya seperti di Jepang ya, tapi ini termasuk ke dalam kategori “HarKitNas” alias hari kejepit nasional. 😀

Bagi Mina san yang mau liburan, selamat berlibur… Semoga liburannya menyenangkan dan bisa menambah semangat untuk beraktifitas kembali nantinya.

Jangan lupa untuk tetap menyempatkan diri belajar bahasa Jepang ya!!

 

, ,