Go to Top

Cara Mudah Bergaul Dengan Orang Jepang

Cara Mudah Bergaul dengan Orang Jepang

Bagaimana cara mudah bergaul dengan orang Jepang? Bagi Anda yang berencana ke Jepang, baik untuk bekerja, menuntut ilmu, atau sekedar berwisata, bergaul dengan orang Jepang adalah salah satu hal penting yang bermanfaat untuk diri Anda sendiri. Lalu, apakah bergaul dengan orang Jepang itu mudah? Apakah bergaul dengan mereka sama saja dengan cara bergaul kita dengan orang Indonesia? Tentu ada beberapa tips yang harus Anda ketahui jika ingin mudah bergaul dengna orang Jepang. Sebelum menerapkan tips tersebut, tentunya Anda harus mampu berkomunikasi. Apakah bahasa Jepang Anda sudah lancar? Apakah Anda butuh kursus bahasa Jepang? Di Tensai Karawang tempat kursus bahasa jepang yang paling direkomendasikan.

Sifat Orang Jepang

Agar lebih mudah membangun pertemanan dengan orang Jepang, Anda terlebih dahulu harus mengetahui sifat dan karakteristik mereka. Sama seperti manusia pada umumnya, orang Jepang pun memiliki sifat baik dan buruk. Berikut kami rangkum beberapa sifat baik orang Jepang yang patut kita contoh, dan sifat buruk yang biasanya tidak disukai oleh pendatang.

Sifat Positif

  1. Menghargai jasa orang lain dan tidak akan pernah melupakannya. Hal ini tercermin dengan kebiasaan mereka ynag sering mengatakan arigatou (terimakasih) berulang  kali bahkan hanya untuk hal kecil atau sepele yang orang lain lakukan.
  2. Memiliki semangat tinggi.
  3. Memiliki dedikasi dan kedisiplinan yang tinggi dalam belajar maupun bekerja.
  4. Menjunjung tinggi norma kehidupan, seperti tata krama dan kode etik dalam bermasyarakat.
  5. Menghargai tradisi dan budaya.
  6. Haus akan ilmu pengetahuan. Tidak hanya pelajar saja, sebagian besar warga Jepang adalah tipe orang yang selalu ingin belajar, gemar membaca dan menekuni bidang mereka dengan serius, sehingga hasil ayng didapat pun tidak setengah-setengah.
  7. Menghormati tamu dan memperlakukannya seperti raja.
  8. Memiliki rasa malu. Malu adalah salah satu hal yang menjadi “tradisi” di Jepang. Sebenarnya budaya malu ini dapat menimbulkan dampak positif sekaligus negatif.

Sifat Negatif

Tidak hanya sisi positif yang harus kita ketahui pada orang Jepang, tapi juga sifat negatif mereka. Ketahuai dua sisi setiap sifat mereka, merupakan bagian dari cara mudah bergaul dengan orang Jepang.

  1. Berfikir dengan cara “Jepang”, dan tidak mudah mentolelir budaya atau cara berpikir dunia luar. Hal inilah yang sering membuat orang Jepang menilai orang hanya dari sudut pandang mereka saja. Dalam perusahaan Jepang yang berada di luar negeri sekalipun, peraturan ala “Jepang” lah yang diterapkan, meskipun banyak dari karyawannya bukan orang Jepang.
  2. Pendapat orang mungkin berbeda-beda, namun kebanyakan orang menilai bahwa orang Jepang adalah tipikal yang agak kaku dan tidak memiliki rasa humor, terutama kalangan pekerja.
  3. Yang ketiga, orang Jepang seringkali dianggap tidak jujur pada orang di sekelilingnya. Maksud tidak jujur di sini bukanlah suka “menipu”, namun lebih condong pada sungkan mengungkapkan isi hati dan pikiran yang sesungguhnya, atau bersifat terlalu tertutup. Hal ini membuat lawan bicara seringkali bingung dan harus menebak nebak apa yang sebenarnya orang Jepang tersebut pikirkan dan rasakan. Sehingga, lawan bicara diharuskan peka dan pandai membaca keadaan.
  4. Karena sifat malu nya yang tinggi, bunuh diri adalah hal yang sering terjadi. Banyak kasus bunuh diri di Jepang hanya karena korban merasa malu dan gagal.

Tips Bergaul Dengan Orang Jepang

Ada 5 cara mudah bergaul dengan orang Jepang.

  1. Aktif mengajak berkenalan terlebih dahulu, karena orang jepang sifatnya pemalu dan kebanyakan tertutup.
  2. Memperkenalkan diri dengan baik dan sesuai tata krama orang Jepang.
  3. Jangan sombong. Usahakan untuk tetap merendah dan jangan bersikap membanggakan diri di depan orang Jepang.
  4. Mempelajari budaya Jepang agar tidak salah bicara atau bertindak tidak sopan. Selain itu, mempelajari budaya Jepang juga memudahkan kita untuk mengetahui apa saja yang biasanya disukai dan tidak disukai orang Jepang.
  5. Belajar Bahasa Jepang, karena tidak semua orang Jepang bisa berbahasa Inggris dengan fasih. Utuk mempersiapkannya, Anda bisa mengikuti kursus di Tensai Nihongo Bunka Gakuin.

Kursus Bahasa Jepang? Di Tensai Karawang tempatnya.

 

Save

, , , ,