Go to Top

Coretan Belakang Buku Tulis itu Doodle

Coretan Belakang Buku Tulis itu Doodle

Coretan Belakang Buku Tulis itu Doodle. Khusus untuk para pembaca setia artikel all about japan language and culture kita akan ngebahas apa sih itu Doodle, jangan tanya kenapa kita ngebahas doodle tapi kita cari tahu dulu yu Doodle itu apa dan kenapa ada hubungannya dengan japan.

Ingat masa sekolah dong ya ? Inget pernah gambar-gambar waktu guru lagi ngebosenin pas ngajar?? Atau pas lagi galau ??? Pasti Meja di sekolah atau bagian belakang buku tulis habis di pakai gambar-gambar. Tanpa kalian sadari coretan-coretan itu namanya Doodle.

Apa itu Doodle ???

Doodle dalam bahasa Indonesia artinya mencoret . Doodle art itu masuk kedalam jenis Freehand Art , Apa itu Freehand Art  ?? Seni yang di buat bebas atas pembuatnya tanpa adanya patokan unsur atau makna berarti di dalamnya karena seni tersebut menggambarkan hati sang pembuat atau suasana dari si seniman itu sendiri.

Coretan Belakang Buku Tulis itu DoodleMencoret itu hal yang mudah bagi setiap orang ditambah dilakukan secara langsung tanpa adanya proses untuk berpikir lebih dahulu , dengan media untuk menulis seperti kertas, pulpen dan pensil kita pasti bisa menghasilkan sebuah coretan. Kegiatan “mencoret” seperti itu disebut juga Doodling ,, Dengan begitu gambar-gambar kalian yang spontan di buat ,itu namanya Doodle dan setiap orang punya cara untuk mengembangkannya.

Tapi Doodle Art itu bukan hanya mencoret-coret tanpa makna(Abstrak) , memang betul beberapa doodle di buat untuk melampiaskan suasana hati si seniman pada sebuah media seni seperti kertas dll, tetapi Doodle juga ada yang memiliki pesan khusus atau makna dari hasil karya yang di hasilkan  , terkadang Doodle juga sering di anggap sebelah mata karena tidak memiliki bentuk yang benar namun terlihat unik dan menarik.

Sejarah Doodle nya juga lumayan nyentrik loh , pasti tahu kan gambar-gambar orang zaman dahulu di gua gua yang menceritakan keadaan pada masa itu ataupun coretan-coretan tangan untuk menandakan bahwa gua itu berpenghuni , Yapp betul sekali , Itu salah satu gaya Doodle Art tertua,bahkan sebelum mereka mengenal tulisan ,dimana Doodling dijadikan alat untuk menceritkan sebuah kisah secara turun menurun .

Doodle art adalah sarana berkarya dan berkreatifitas yang murah lagi meriah. Tidak perlu kertas  khusus seperti kanvas, di bungkus nasi sekalipun bisa dilakukan. Semua kembali ke pelakon doodle art itu sendiri dalam memilih peralatan dan gaya doodling yang nyaman bagi dirinya.

Kini gaya doodle art ini banyak di pakai sebagai salah satu elemen dalam desain grafis, kamu bisa melihat baliho-baliho iklan handphone, TV, dsb tidak jarang menggunakan elemen-elemen doodle. Dengan menggunakan unsur doodle art, pesan yang disampaikan dalam karya lebih terkesan bersahabat, santai, dan manusiawi

Pertanyaannya:

Q : Kenapa doodle sekarang banyak berisi monster-monster lucu ? Coretan Belakang Buku Tulis itu Doodle

A : Hmmmmmm nggak ada yang ngejelasin kan, doodle itu spesifiknya bentuk apa? namanya juga Freehand Art. Bisa kita gambar apa aja. Kita konsep apa aja. Itu tergantung yang buat :v hehehehe, tapi semakin kesini, banyak yang menyimpulkan bahwa doodle art itu adalah gambar yang penuh dengan monster-monster lucu. Padahal sebenarnya nggak. karena memang banyak sekali karya doodle art yang berisi monster-monster lucu. padahal sebenarnya Doodle itu sudah ada sejak jaman purba dahulu kala.

 

Q : Katanya spontan, kok di sketch pensil dulu?

A : Menurut doodle master Lei Melendres. doodle itu ada tiga type:

  • Type pertama, Unplanned Doodle:Ini definisi doodle yang sesungguhnya. Seperti yang ada diatas tadi, dilakukan secara spontan. Nggak pake sketch terlebih dahulu.
  • Type kedua, Semi Unplanned Doodle: Maksudnya semi disini, dilakuin pake sketch terlebih dahulu, tapi cuma skedar sketch, nggak pake sekalian sama detailnya.
  • Type Ketiga, Planned Doodle:Nah, biasanya kebanyakan doodler sih prefer ke yang ini ya, supaya lebih terkonsep dan nggak salah-salah kalo buat apa lagi kalo ada commission, wajib pake type ini deh kayanya hehe

 

Q : Pulpen apa sih yang di pake buat bikin doodle?

A : Semua jenis pulpen bisa dipake. Pulpen pilot pun bisa. saya lebih sering malah pake pulpen pilot dari pada drawing pen. Wkwkkwkw soalnya drawing pen mahal :’v , 1 drawing pen = 10 pulpen pilot (Kebayang kan xD )Biasanya sih drawing pen merk Snowman, Artline, atau Unipin yang biasa saya pakai. Untuk sketchbook biasanya Kiki. Karena pake sketchbook itu tintanya nggak lumer atau tembus

Coretan Belakang Buku Tulis itu Doodle

Sumber Ig : yohan_sbg

Q : Apa Hubungannya Doodle dengan culture japan?

A : Tentunya Doodle atau coretan itu berkesinambungan dengan manga atau doujin dari jepang , maka dari itu banyak cara untuk menggabungkan 2 gaya gambar dalam 1 style pada sebuah media seni , didalam doodle kita bisa masukan culture-culture jepang atau para pecinta anime atau komik bisa memasukan karakter favoritnya ke dalam Doodle buatanya.

Manfaat Doodle Art itu :

– dapat meningkatkan kreatifitas kita

– semakin maraknya Doodle Art tersebut dalam desain grafis

– biasanya nih kalo banyak masalah trus kita nge Doodling,kita akan merasa tenang dan rileks.

Di samping membuat rileks, ada beberapa manfaat lain dari doodling di antaranya :

Meningkatkan Konsentrasi

Riset yang dilakukan tahun 2009 membuktikan bahwa orang yang mendengarkan telepon sambil mencorat-coret kertas mampu menangkap informasi lebih baik daripada mereka yang tidak melakukannya. Seorang psikolog asal Inggris juga menunjukan bahwa doodling bisa meningkatkan kesehatan otak.

Menciptakan pemikiran positif

Doodling adalah kegiatan yang bersifat artistik dan menyenangkan, sehingga saat melakukannya hanya ada perasaan senang dan pikiran positif lainnya. Pikiran yang positif ini dapat mengalahkan pikiran-pikiran negatif yang ada.

Mengasah kreativitas

Saat melakukan doodling seseorang cenderung merenung dan biasanya hasil renungan tersebut berupa kreativitas baru yang unik.  Coretan Belakang Buku Tulis itu Doodle.

Memicu produktivitas

Doodling merupakan kegiatan seni yang bisa membuat orang merasa senang dan pikirannya menjadi lebih fokus. Saat fokus, seseorang cenderung lebih produktif dalam hidupnya.

Nah Gimana minna san ?? Tertarik Belajar Doodle atau mau mulai mencoba belajar teknik-teknik Doodling ?
Bisa kok , Semua orang pasti bisa kalau cuma mencoret-coret saja. Kalau Kalian mau mencoba belajar datang aja ke acara tensai.

Seminar Doodle with Tensai. ( Sabtu, 30 Juli 2016 , Jam 09.00 s/d Selesai ) . Freeeeee untuk Siswa Tensai dan kalau untuk umum harus mendaftar dulu jadi siswa ^^ . Ada Merchandise Menarik juga loh & Kuota Terbatas 😉 buruan Datang dan Daftar

Coretan Belakang Buku Tulis itu Doodle,  oleh: Admin -Y

, , , ,
  • jerni hati

    informasi yang diberikan sangat bermanfaat, terima kasih. tapi kalau boleh tau, referensinya dari mana ya?